Page 140 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 140

3. Pendidikan Terbuka sebagai Layanan Publik


               daerah perlu mengembangkan lembaganya dengan langkah-
               langkah sebagai berikut.
               1.  Dinas  Pendidikan  Kabupaten/Kota  membentuk  Unit
                   Pelaksana Teknis Belajar Jarak Jauh (UPTBJJ) Pendidikan
                   Dasar sedangkan Dinas Pendidikan Provinsi membentuk
                   UPTBJJ   Pendidikan   Menengah    sebagai   lembaga
                   penyelenggara pendidikan terbuka dan jarak jauh untuk
                   pendidikan menengah;
               2.  UPTBJJ  Kabupaten/Kota  dan  UPTBJJ  Provinsi  bekerja
                   sama dengan Kominfo mengembangkan jaringan internet
                   sampai ke pelosok desa dan wilayah-wilayah terpencil dan
                   terjauh;
               3.  UPTBJJ  Kabupaten/Kota  bekerja  sama  dengan  kepala
                   dan guru SD/MI/ /MTs dan UPTBJJ Provinsi bekerja sama
                   dengan kepala dan guru SMA/MA/SMK mengembangkan
                   materi pelajaran untuk dikemas dalam bahan ajar cetak
                   dan non cetak yang bersifat self-learning, materi turorial,
                   dan instrumen penilaian.
               4.  UPTBJJ  Provinsi  dan  Kabupaten/Kota  mengembangkan
                   infra  struktur  pendidikan  terbuka  dan  jarak  jauh  untuk
                   kepentingan:
                   a.  Registrasi peserta didik;
                   b.  Pengiriman  materi  pelajaran  secara  daring  dan
                       melalui melalui daring, pos, atau kurir sesuai dengan
                       kondisi lapangan.
                   c.  Tutorial  secara  daring,  tatap  muka,  atau  melalui
                       pemanfaatan radio komunitas.
                   d.  Penilaian hasil belajar.
               5.  UPTBJJ  Provinsi  dan  Kabupaten/Kota  bekerja  sama
                   dengan guru SD/MI/, guru SMP/MTs, guru SMA/MA/SMK,
                   dan  pendidikan  lain  untuk  membantu  kegiatan  tutorial,
                   penilaian tugas, dan pengawasan ujian.









                                          133
   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145