Page 136 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 136

3. Pendidikan Terbuka sebagai Layanan Publik


                   menghafal  konsep  dan  hukum  alam  yang  abstrak.
                   Karakteristik alam fisik dan hukum-hukum yang bekerja di
                   sini tidak bisa dipahami dengan baik oleh peserta didik.
                   Begitu  juga  pengadaan  bengkel  kerja  untuk  pelajaran
                   vokasi juga mutlak. Peserta didik yang belajar vokasi tanpa
                   berlatih dalam bengkel kerja tidak akan bisa terampil pada
                   materi vokasi yang dipelajari.

                   Berdasarkan  kenyataan  tersebut  maka  pemerintah
                   harus  menyediakan  laboratorium  dan  bengkel  kerja
                   yang memadai sebagai tempat belajar murid/mahasiswa
                   yang  mempelajarai  ilmu  pengetahuan  alam  dan  vokasi.
                   Masalahnya untuk mengadakan laboratorium dan bengkel
                   kerja  diperlukan  biaya  yang  sangat  besar.  APBN  selalu
                   tidak  mampu  menyediakan  dana  untuk  membangun
                   laboratorium dan bengkel kerrja sesuai dengan kebutuhan.
                   Kendala dan keterbatasan ini bisa diatasi dengan model
                   pendidikan  terbuka  dan  jarak  jauh.  Melalui  model  ini
                   pemerintah dapat mengatasi dengan dua cara. Pertama,
                   pemerintah  dapat  memanfaatkan  laboratorium  dan
                   bengkel kerja yang sudah ada tanpa harus membangun
                   laboratorium  dan  bengkel  kerja  baru.  Laboratorium-
                   laboratorium dan bengkel kerja-bengkel kerja yang sudah
                   dimiliki  pemerintah  baik  yang  dikelola  oleh  lembaga
                   pendidikan  maupun  oleh  kementerian/lembaga  yang
                   tersebar  di  berbagai  daerah  dapat  dimanfaatkan  untuk
                   praktikum  dan  latihan  keterampilan.  Di  samping  itu,
                   pemerintah juga bisa bekerja sama dengan pihak swasta
                   yang  mempunyai  laboratorium  dan  bengkel    kerja.
                   Pemerintah  tinggal  membuat  kebijakan  disertai  dengan
                   petunjuk  pelaksanaan  dan  petunjuk  teknisnya.  Kedua,
                   penyelenggara  pendidikan  dengan  model  terbuka  dan
                   jarak  jauh  dapat  mengembangkan  laboratorim  dan
                   bengkel kerja virtual. Meskipun tidak bisa menggantikan





                                          129
   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141