Page 132 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 132

3. Pendidikan Terbuka sebagai Layanan Publik


               ratusan kilometer. Begitu juga jarak antara ibu kota kabupaten/
               kota dengan kecamatan, kecamatan dengan kelurahan/desa.
               Ketersediaan lembaga pendidikan juga beragam. Pada ibu kota
               provinsi rata-rata terdapat lembaga pendidikan yang lengkap
               mulai  dari  TK  sampai  perguruan  tinggi.  Pada  kabupaten/
               kota  terdapat  lembaga  pendidikan  mulai  TK  sampai  SLTA.
               Beberapa  kabupaten/kota  terdapat  perguruan  tinggi.  Pada
               tingkat  kecamatan  terdapat  lembaga  pendidikan  TK  sampai
               SLTP. Beberapa kecamatan terdapat lembaga pendidikan SLTA.
               Adapun di desa hanya terdapat TK dan SD bahkan banyak desa
               yang tidak mempunyai lembaga pendidikan sama sekali.

               Berdasarkan  data  BPS  2018  jumlah  peserta  didik  tingkat
               SD  berjumlah  25,5  juta,  tingkat  SLTP  berjumlah  10,1  juta,
               tingkat  SMA  berjumlah  4,8  juta,  dan  SMK  berjumlah  4,9
               juta.  Berdasarkan  data  ini  maka  siswa  yang  siap  memasuki
               perguruan tinggi adalah 9,7 juta.  Besarnya jumlah siswa per
               tingkat memerlukan sarana-prasarana pendidikan yang besar
               pula. Pemerintah harus membangun puluhan ribu ruang kelas
               dan gedung sekolah untuk SD, SMP, SMA, SMK, dan perguruan
               tinggi;  harus  mengangkat  jutaan  guru,  ratusan  ribu  tenaga
               kependidikan, dan puluh ribu dosen; dan harus menyedidakan
               sarana-prasarana pendidikan yang sangat besar.

               Berdasarkan kondisi demikan, jika pemerintah tidak melakukan
               terobosan  maka  selalu  terjadi  kesenjangan  antara  besarnya
               jumlah  peserta  didik  yang  harus  dilayani  dengan  sarana-
               prasarana  yang  bisa  disediakan  dan  kemampuan  keuangan
               negara.  Salah  satu  terobosannya  adalah  mengembangkan
               model  pembelajaran  terbuka  dan  jarak  jauh  untuk  rakyat.
               Dengan mengembangkan model pendidikan terbuka dan jarak
               jauh, pemerintah (pusat dan daerah) dapat mengatasi kendala
               dan keterbatasan yang dimilikinya.







                                          125
   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137