Page 135 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 135
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
yang bermutu harus menyediakan alat peraga pendidikan
yang lengkap.
Masalahnya untuk bisa memenuhi alat peraga pendidikan
secara lengkap untuk setiap mata pelajaran/mata kuliah
pada semua satuan pendidikan semua tingkat memerlukan
biaya besar. Dalam kondisi keterbatasan anggaran
pendidikan, pemerintah lebih mengutamakan biaya
operasional daripada memenuhi alat peraga pendidikan.
Akibatnya ketersediaan alat peraga pendidikan pada
tiap satuan pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai
perguruan tinggi selalu tidak memadai.
Kendala dan keterbatasan ini bisa diatasi dengan model
pendidikan terbuka dan jarak jauh. Model ini dapat
menggunakan alat peraga pendidikan virtual sebagai
pengganti alat peraga pendidikan yang bersifat fisik.
Memang tidak sama persis tapi alat peraga virtual
cukup membantu memberikan pemahaman atas materi
pelajaran yang bersifat abstrak dan kompleks. Bahkan
untuk materi pelajaran tertentu dapat memberikan
gambaran yang lebih mendekati kenyataannnya. Misalnya
materi pelajaran peredaran darah dalam tubuh manusia
lebih bisa dipahami dengan baik bila menggunakan alat
peraga animasi audio visual daripada hanya berupa
gambar peredaran darah. Begitu juga alat peraga animasi
audio visual gerakan planet sistem tata surya, pemecahan
sel, konstruksi hukum Archimides, dan lain-lain.
4. Kendala dan Keterbasanan Penyediaan Laboratorium
dan Bengkel Kerja
Pengadaan laboratorium untuk ilmu pengetahuan alam
(fisika, kimia, dan biologi) adalah mutlak. Belajar ilmu
pengetahuan alam tanpa laboratorium hanya belajar
128