Page 133 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 133

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 1.  Kendala dan Keterbasanan Penyediaan Ruang Kelas
                    Dengan  jumlah  peserta  didik  yang  sangat  besar
                    yang  tersebar  di  seluruh  pelosok  negeri,  pemerintah
                    menghadapi  kendala  dan  keterbatasan  menyediakan
                    ruang kelas pada tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK,
                    dan perguruan tinggi. Sampai saat ini pemerintah belum
                    mampu  menyediakan  ruang  kelas  pada  semua  tingkat
                    pendidikan tersebut sesuai dengan jumlah peserta didik
                    yang  harus  ditampung  pada  tingkat-tingkat  pendidikan
                    tersebut. Semua lulusan SD/MI belum bisa tertampung di
                    SMP/MTs yang disediakan pemerintah. Berikutnya semua
                    lulusan SMP/MTs belum bisa tertampung di SMA/MA/SMK
                    yang disediakan pemerintah. Begitu juga semua lulusan
                    SMA/MA/SMK belum bisa tertampung di perguruan tinggi
                    yang  disediakan  pemerintah.  Dengan  demikian,  angka
                    partisipasi sekolah makin naik ke tingkat lebih atas makin
                    mengecil.


                    Kendala dan keterbatasan ini bisa diatasi dengan model
                    pendidikan  terbuka  dan  jarak  jauh.  Model  ini  tidak
                    memerlukan ruang kelas karena kegiatan belajar mengajar
                    tidak  dilakukan  di  ruang  kelas  tapi  di  manapun  peserta
                    didik berada: di rumah, di kebun, di jalan, di ruang terbuka,
                    dan di mana-mana.


                 2.  Kendala dan Keterbasanan Penyediaan Guru dan Dosen
                    Pemerintah  menghadapi  kendala  dan  keterbatasan
                    menyediakan  guru  dan  dosen  untuk  semua  warga
                    negara  yang  memerlukan  pelayanan  pendidikan.  Untuk
                    bisa melayani semua anak usia SD/MI pemerintah perlu
                    menyediakan  jutaan  guru.  Untuk  bisa  melayani  semua
                    anak  usia  SLTA  yang  sudah  lulus  SLTP  pemerintah  perlu
                    menyediakan  ratusan  ribu  guru.  Untuk  bisa  melayani
                    semua anak usia dewasa yang sudah lulus SLTA pemerintah





                                          126
   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138