Page 141 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 141

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 PENUTUP
                 Penyelenggaraan pendidikan dengan model terbuka dan jarak
                 jauh sudah diterima oleh masyarakat dunia. Bangsa  Indonesia
                 juga sudah tidak asing lagi dengan model pendidikan ini. Saat ini
                 model pendidikan terbuka dan jarak jauh yang sudah berjalan
                 dan terkelola dengan baik baru pada tingkat perguruan tinggi.
                 Adapun pada tingkat pendidikan dasar dan menengah model
                 ini hanya bersifat proyek yang ditempelkan pada SMP dan SMA
                 Negeri  yang  ditunjuk.  Untuk  itu,  demi  meningkatkan  angka
                 partisipasi sekolah pada semua tingkat pendidikan pemerintah
                 perlu  mengembangkan  model  ini  pada  tingkat  perguruan
                 tinggi dengan mengoptimalkan kapasitas Universitas Terbuka
                 dan mensinergikan UT dengan semua perguruan tinggi yang
                 ada sehingga dapat memberikan pelayanan pendidikan tingkat
                 perguruan tinggi secara masif  dan merata kepada semua anak
                 bangsa. Adapun untuk meningkatkan angka partisipasi sekolah
                 pada  tingkat  pendidikan  dasar  dan  menengah  pemerintah
                 pusat dan pemerintah daerah perlu mengembangkan pusat
                 belajar jarak jauh (UPTBJJ) pada provinsi dan kabupaten/kota.

                 Model pendidikan terbuka dan jarak jauh memberi peluang
                 kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah memberikan
                 pelayanan  bidang  pendidikan  kepada  seluruh  anak  bangsa
                 secara  merata  dan  menjangkau  ke  seluruh  pelosok  negeri.
                 Semua  warga  negara  dapat  mengikuti  pendidikan  model
                 ini  karena  biaya  terjangkau  bahkan  pemerintah  dapat
                 membebaskan  biaya  pendidikan  bagi  murid  dan  mahasiswa
                 yang kurang mampu karena tidak terlalu membebani keuangan
                 negara. Dengan masifnya warga negara yang terpelajar maka
                 menjadi  modal  utama  bagi  bangsa  untuk  meningkatkan
                 kesejahteraannya. Akhirnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat
                 Indonesia terwujud.








                                          134
   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145   146