Page 141 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 141
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
PENUTUP
Penyelenggaraan pendidikan dengan model terbuka dan jarak
jauh sudah diterima oleh masyarakat dunia. Bangsa Indonesia
juga sudah tidak asing lagi dengan model pendidikan ini. Saat ini
model pendidikan terbuka dan jarak jauh yang sudah berjalan
dan terkelola dengan baik baru pada tingkat perguruan tinggi.
Adapun pada tingkat pendidikan dasar dan menengah model
ini hanya bersifat proyek yang ditempelkan pada SMP dan SMA
Negeri yang ditunjuk. Untuk itu, demi meningkatkan angka
partisipasi sekolah pada semua tingkat pendidikan pemerintah
perlu mengembangkan model ini pada tingkat perguruan
tinggi dengan mengoptimalkan kapasitas Universitas Terbuka
dan mensinergikan UT dengan semua perguruan tinggi yang
ada sehingga dapat memberikan pelayanan pendidikan tingkat
perguruan tinggi secara masif dan merata kepada semua anak
bangsa. Adapun untuk meningkatkan angka partisipasi sekolah
pada tingkat pendidikan dasar dan menengah pemerintah
pusat dan pemerintah daerah perlu mengembangkan pusat
belajar jarak jauh (UPTBJJ) pada provinsi dan kabupaten/kota.
Model pendidikan terbuka dan jarak jauh memberi peluang
kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah memberikan
pelayanan bidang pendidikan kepada seluruh anak bangsa
secara merata dan menjangkau ke seluruh pelosok negeri.
Semua warga negara dapat mengikuti pendidikan model
ini karena biaya terjangkau bahkan pemerintah dapat
membebaskan biaya pendidikan bagi murid dan mahasiswa
yang kurang mampu karena tidak terlalu membebani keuangan
negara. Dengan masifnya warga negara yang terpelajar maka
menjadi modal utama bagi bangsa untuk meningkatkan
kesejahteraannya. Akhirnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat
Indonesia terwujud.
134

