Page 144 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 144

3. Pendidikan Terbuka sebagai Layanan Publik


               Wedemeyer  (1981)  menegaskan  bahwa  pengembangan
               pendidikan  jarak  jauh  tersebut  didorong  oleh  perubahan
               kebutuhan  dan  konteks  orang  dalam  belajar.  Pertama,
               Pendidikan, sebagai salah satu layanan publik, harus tersedia
               dimana  pun  masyarakat  berada.  Memperoleh  layanan
               pendidikan merupakan salah satu hak dasar bagi setiap orang
               sebagaimana  telah  ditegaskan  dalam  Universal  Declaration
               of  Human  Right  (1948).  Oleh  karena  itu,  penyelenggaraan
               pendidikan  harus  dapat  dinikmati  oleh  seluruh  warga
               masyarakat,  tanpa  membedakan  suku,  agama,  ras,  gender,
               dan  identitas  apapun.  Penyelenggaraan  pendidikan  harus
               dapat  dilaksanakan  dimanapun;  bukan  hanya  memberikan
               kesempatan  kepada  orang-orang  yang  tinggal  di  perkotaan,
               tetapi juga harus memiliki keberpihakan pada warga masyarakat
               yang  berdomisili  di  daerah  pinggiran,  kepulauan,  dan
               perbatasan. Kedua, sistem pendidikan harus memungkinkan
               setiap mahasiswa untuk memulai kuliah, cuti akademik, dan
               berhenti  menjadi  mahasiswa  sesuai  dengan  kapasitasnya
               masing-masing,  sesuai  dengan  tujuannya,  situasinya,  dan
               karakteristik serta kondisi mahasiswa. Konsep dasar pemikiran
               Wedemeyer  tersebut  memiliki  kemiripan/sejalan  dengan
               jargon  baru  yang  saat  ini  banyak  diperbincangkan  di  media
               sosial  Indonesia  yaitu  program  merdeka  belajar.  Pemikiran
               Charles A. Wedemeyer (1981) tentang pentingnya Pendidikan
               jarak  jauh  dalam  rangka  penyediaan  dan  pemerataan  akses
               pendidikan  tersebut  dapat  digali  lebih  lanjut  dalam  buku
               beliau yang berjudul ‘Learning at the backdoor: Reflections on
               non-traditional learning in the lifespans.

               Pentingnya pendidikan jarak jauh dalam rangka pemerataan
               akses pendidikan bagi seluruh warga masyarakat bukan hanya
               disarakan  oleh  negara-negara  maju  tetapi  juga  telah  lama
               menjadi  perhatian  dan  program  penting  di  negara-negara
               berkembang,  termasuk  di  Indonesia.  Komitmen  Pemerintah





                                          137
   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149