Page 148 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 148

3. Pendidikan Terbuka sebagai Layanan Publik


                   lainnya.  Indonesia  adalah  sebuah  negara  kepulauan.
                   Secara  alamiah,  Indonesia  terdiri  atas  gugusan  pulau-
                   pulau besar dan kecil yang tersebar dari Sabang sampai
                   Merauke. Hamparan pulau-pulau tersebut diekspresikan
                   oleh  sebagai  sebuah  untaian  Jamrud  khatulistiwa  yang
                   melukiskan bentangan alam Indonesia, keragaman hayati,
                   serta  suku  bangsa  yang  hidup  di  pulau-pulau  tersebut.
                   Sebagian dari mereka berdomisili di pulau-pulau terpencil,
                   daerah perbatasan, terluar, dan tertinggal. Dalam konteks
                   inilah,  UT  hadir  dalam  rangka  membangun  konektivitas
                   bangsa  melalui  layanan  pendidikan  tinggi.  Melalui  UT,
                   layanan pendidikan tinggi dapat diselenggarakan di seluruh
                   pelosok  tanah  air,  menjangkau  yang  tidak  terjangkau,
                   ‘reaching the unreached’ (Paliwal, 2019).

               Misi  Kedua,  memberikan  kesempatan  kepada  orang-orang
               yang  sudah  bekerja  untuk  meningkatkan  kompetensi  dan
               kualifikasi jenjang pendidikannya.


               Salah satu competitive advantages sistem belajar jarak jauh
               yang  diselenggarakan  UT  adalah  memiliki  kapasitas  untuk
               memberikan kesempatan yang lebih terbuka kepada anggota
               masyarakat  yang  sudah  bekerja  dan  ingin  meningkatkan
               kompetensi  dan  kualifikasi  pendidikannya  ke  jenjang  yang
               lebih  tinggi.  Kesempatan  ini  sangat  sulit  diperoleh  dan
               kurang  memungkinkan  ditempuh  melalui  sistem  pendidikan
               konvensional.  UT  hadir  dalam  rangka  mewujudkan  rasa
               keadilan  sosial  bagi  seluruh  lapisan  masyarakat  dalam  hal
               mendapatkan  layanan  pendidikan  bagi  segment  warga
               masyarakat  kalangan  pekerja  termasuk  mereka  masyarakat
               pekerja  yang  berpindah-pindah  dari  satu  tempat  ke  tempat
               lainnya.









                                          141
   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153