Page 150 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 150

3. Pendidikan Terbuka sebagai Layanan Publik


               Dari gambar 1 diatas diketahui bahwa secara umum mahasiswa
               UT adalah orang-orang yang sudah bekerja. Dari data tersebut
               terungkap bahwa sebanyak 89% mahasiswa UT adalah working
               people dan sisanya sebanyak 11% adalah mereka yang belum/
               tidak bekerja. Bila dikonsultasikan dengan data tahun-tahun
               sebelumnya dapat diketahui bahwa persentase mahasiswa UT
               yang sudah bekerja menunjukkan jumlah yang lebih besar.

               Misi Ketiga, menampung lulusan sekolah lanjutan tingkat atas
               (SLTA) yang tidak tertampung di perguruan tinggi negeri (PTN)
               tatap muka

               Salah  seorang  tokoh  klasik  pendidikan  jarak  jauh  yang  lain,
               Otto Peters (2003) pernah menyampaikan bahwa salah satu
               kelebihan sistem pendidikan jarak jauh adalah kemampuannya
               untuk  menampung  jumlah  mahasiswa  yang  besar.  Jumlah
               mahasiswa yang besar menuntut cara-cara pengelolaan dan
               penyelenggaraan pendidikan seperti yang dilakukan di dunia
               industri. Cara pandang Peters tersebut selanjutnya dituangkan
               dalam teorinya ‘industrialized of teaching’.  Peters (2007) lebih
               lanjut menegaskan bahwa open universities bisa survive hanya
               jika jumlah mahasiswanya banyak. Inilah salah satu karakteristik
               dan sekaligus juga kelebihan UT sebagai satu-satunya lembaga
               pendidikan  tinggi  yang  mengimplementasikan  sistem
               pendidikan jarak jauh.


               Pemerintah  Indonesia  dihadapkan  pada  persoalan  penting
               dimana jumlah lulusan sekolah lanjutan menengah atas (SLTA)
               selalu  meningkat  dari  tahun  ke  tahun.  Seperti  disampaikan
               oleh  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  periode  (Kabinet
               Pembangunan  IV:  1983  -  1985)  Nugroho  Notosusanto
               (1984)  bahwa  salah  satu  tujuan  pendirian  UT  adalah  untuk
               meningkatkan daya tampung perguruan tinggi. Notosusanto
               (1984)  lebih  lanjut  menyampaikan  bahwa  melalui  UT





                                          143
   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155