Page 151 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 151

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 lulusan  SLTA  baik  yang  baru  lulus  maupun  yang  sudah
                 bekerja  dapat  melanjutkan  pendidikan  dan  meningkatkan
                 ilmu  pengetahuannya.  Dari  pernyataan  Menteri  Pendidikan
                 dan  Kebudayaan  tersebut  jelas  sekali  bahwa  pendirian  UT
                 mengemban  amanah  mulia  dalam  rangka  merealisasikan
                 keadilan  sosial  bagi  masyarakat  khusyusnya  para  lulusan
                 SLTA  yang  tidak  tertampung  di  PTN  lokal,  mendapatkan
                 kesempatan  yang  lebih  luas  masuk  ke  PTN  –  UT  dengan
                 biaya yang terjangkau, cara belajar dan waktu tempuh yang
                 disesuaikan  dengan  kapasitasnya  masing-masing.  Sartono
                 (2019)  menyampaikan  bahwa  setiap  setiap  tahun  lulusan
                 SMA/SMK  sekitar  3.5  juta  tidak  sebanding  dengan  daya
                 tamping perguruan tinggi sekitar 1,8 juta orang per tahun.


                 ORGANISASI DAN TATA KERJA UT UNTUK MENDUKUNG
                 TERWUJUDNYA KEADILAN SOSIAL DALAM AKSES
                 LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI
                 Dalam  melaksanakan  mandat  Pemerintah  seperti  telah
                 dijelaskan di bagian sebelumnya, misi pendirian UT menjadi
                 pilar  yang  sangat  solid  dan  memandu  kemana  UT  harus
                 diarahkan,  sumber  daya  seperti  apa  yang  harus  disiapkan,
                 serta organisasi dan manejemen penyelenggaraan seperi apa
                 yang  harus  dibangun  dan  diimplementasikan.  Mandat  dan
                 misi utama tersebut memberikan warna yang sangat kental
                 terhadap sistem dan operasional bagaimana UT dikembangkan
                 serta  dikelola  selama  35  tahun.  Sistem  dan  operasional  UT
                 didesain  sebagai  sebuah  perguruan  tinggi  jarak  jauh  (PTJJ)
                 yang  mampu  menawarkan  program-program  pendidikan
                 yang  dapat  diakses  secara  luwes,  menjangkau  tanpa  batas,
                 dan inklusif. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih utuh
                 tentang hal ini, maka pada sesi selanjutnya, tulisan ini akan
                 difokuskan pada manajemen dan tata kelola UT ditinjau dari
                 Struktur dan kelengkapan organisasi yang memungkinkan UT
                 beroperasi sebagai sebuah sistem pendidikan jarak jauh.





                                          144
   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155   156