Page 66 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 66

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~   51



                   Menggabungkan sesi synchronous pada kelas asynchronous juga dapat
               memberikan  selingan  dalam  kegiatan  belajar.  Mahasiswa  akan  merasa
               menjadi bagian nyata dari kelas daring dan hal ini dapat menjadi awal dari
               interaksi yang lebih baik antarmahasiswa.
                   Tugas kelompok juga dapat menjadi media yang baik guna memfasilitasi
               interaksi antarmahasiswa. Dengan tugas kelompok, mahasiswa pada kelas
               pendidikan jarak jauh yang asynchronous akan tetap bisa menjalin interaksi
               sosial  dengan  teman  sekelasnya.  Membuat  proyek  grup  juga  akan
               membantu mahasiswa merasa menjadi bagian utuh dalam kegiatan belajar
               meskipun pada kelas daring.
                   Banyak  kegiatan  dan  pengalaman  belajar  yang  telah  dilakukan  oleh
               dosen  Universitas  Terbuka  dalam  penyelenggaraan  kelas  tutorial  online.
               Meskipun  tidak  semua  kegiatan  belajar  dapat  memaksimalkan  learning
               engagement,  telah  terbukti  bahwa  learning  engagement  tidak  mustahil
               untuk difasilitasi dalam pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh.

               EPILOG

                   Mencari  strategi  yang  tepat  untuk  membuat  mahasiswa  merasa
               menjadi bagian dari proses belajar pada kelas daring dalam pendidikan jarak
               jauh yang asynchronous memang membutuhkan proses. Banyak dosen yang
               harus melalui sekian semester untuk menemukan formula yang tepat demi
               mendukung  terwujudnya  learning  engagement  ketika  mahasiswa  tetap
               merasakan  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  kebutuhan  dan  target
               belajarnya. Selain itu, dosen juga perlu memastikan agar mahasiswa tetap
               merasa  menjadi  bagian  dari  komunitas  kelas  dengan  mendesain
               pembelajaran online yang memfasilitasi komunikasi antarmahasiswa serta
               antara mahasiswa dan dosen.
                   Meskipun ini adalah sebuah tantangan tersendiri bagi dosen Universitas
               Terbuka, telah terbukti bahwa dengan berbagai pendekatan dan strategi,
               learning  engagement  dapat  terwujud.  Mahasiswa  juga  dapat  merasakan
               bahwa learning engagement dapat diwujudkan di kelas asynchronous. Pada
               pendidikan tinggi dan jarak jauh yang menembus ruang dan waktu, learning
               engagement tentu tidak terjadi di ruang kelas, tetapi telah terjadi tanpa
               adanya batas wilayah dan waktu sehingga mahasiswa Universitas Terbuka
               tak  perlu  lagi  khawatir  tentang  mengenyam  pendidikan  tinggi  yang
               berkualitas.
   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71