Page 61 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 61

46  ~ Antologi CPNS ~


             untuk  mengikuti  perkuliahan  pada  satu  waktu  tertentu,  saya  bisa  m e n g a t u r
             waktu antara berkuliah dan bekerja. Saya juga bisa menyediakan waktu khusus
             bagi saya untuk pergi mencari lokasi yang jaringan internetnya baik sehingga
             saya bisa mengakses tutorial online.”

             RY,  mahasiswa  Universitas  Terbuka  yang  tinggal  di  daerah  terpencil,
          terdengar sangat bersemangat saat menceritakan pengalaman belajarnya di
          Universitas Terbuka.
             Kesulitan  akses  internet  adalah  masalah  yang  sangat  umum  kita
          temukan di Indonesia. Hal ini tak hanya dialami oleh RY, tetapi juga oleh
          banyak mahasiswa Universitas Terbuka yang tersebar dari Sabang sampai
          Merauke. Tingginya semangat mahasiswa Universitas Terbuka dari seluruh
          pelosok Indonesia untuk mengenyam pendidikan tinggi terbuka dan jarak
          jauh  membuat  mereka  tak  gampang  patah  semangat  dalam  menjalani
          proses perkuliahan di Universitas Terbuka.
             Ketika bicara tentang learning engagement, dengan berbagai tantangan
          dalam  proses  perkuliahan  di  Universitas  Terbuka  dan  demi  mewujudkan
          pendidikan tinggi dan jarak jauh yang bisa diakses siapa saja dan di mana
          saja;  konsep  learning  engagement  menjadi  hal  yang  sangat  penting.
          Pendidikan jarak jauh dengan mahasiswa yang berada mulai dari perkotaan
          hingga perbatasan wilayah Indonesia membuat learning engagement lebih
          dari   sekadar   mendukung   terbentuknya   hubungan   yang   baik
          antarpembelajar  serta  antara  pembelajar  dan  pengajar.  Learning
          engagement  ini  telah  bertransformasi  menjadi  bentuk  dukungan
          pelaksanaan  kegiatan  belajar  yang  lebih  produktif  serta  mendukung
          perkembangan sosial dan emosional pembelajar. Dengan memiliki learning
          engagement  yang  tinggi,  mahasiswa  Universitas  Terbuka  dapat
          menunjukkan kepuasan pengalaman belajar yang lebih kuat dan pencapaian
          belajar yang lebih baik.
             Universitas  Terbuka  telah  lama  memiliki  tutorial  online  a t a u   l e b i h
          dikenal  dengan  tuton  yang menjadi  layanan  bantuan belajar  bagi  semua
          mahasiswa Universitas Terbuka di mana pun mereka berada. Tutorial online
          ini dilaksanakan secara asynchronous ketika interaksi, baik antarmahasiswa
          atau  antara  mahasiswa  dan  dosen,  terjadi  tidak  secara  langsung,  t e t a p i
          dalam waktu dan tempat yang berbeda. Ini tentunya menjadi tantangan
          yang  lebih  berat  bagi  dosen  Universitas  Terbuka  dalam  upaya
   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66