Page 59 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 59
44 ~ Antologi CPNS ~
LEARNING ENGAGEMENT
Banyak orang khawatir bahwa perkuliahan online adalah hal yang sulit
dilakukan. Ini juga dinyatakan oleh IN, salah satu mahasiswa Universitas
Terbuka.
“Saya ibu rumah tangga dan juga seorang guru. Saya sudah mengajar selama
beberapa tahun dan sekarang menjadi mahasiswa di Universitas Terbuka.
Sebagai guru, saya sangat paham bagaimana sulitnya membuat siswa mampu
memahami materi yang disampaikan dan bagaimana membuat mereka
menyadari bahwa mereka mendapatkan sesuatu dari proses belajar. Saya tidak
pernah menyangka bahwa pembelajaran online seperti di Universitas Terbuka
dapat memfasilitasi saya untuk lebih mudah memahami materi karena awalnya
saya khawatir bahwa akan sulit untuk memahami materi dalam proses kuliah
online.”
IN adalah mahasiswa Universitas Terbuka yang sudah menjalani
perkuliahan selama beberapa semester. Dalam proses perkuliahan, I N
secara intensif mengikuti perkuliahan dalam tutorial online (tuton) yang
membuatnya menyadari bahwa pendidikan tinggi jarak jauh bukanlah hal
yang sulit.
Banyak orang menganggap bahwa ketika melakukan pendidikan jarak
jauh, membangun rasa keterlibatan pembelajar dalam suatu komunitas
kelas akan sulit dicapai. Tentu saja, dalam pendidikan jarak jauh, pertanyaan
yang muncul adalah bagaimana kita bisa membuat siswa merasa menjadi
bagian dari proses dan pengalaman belajar, sedangkan kita tidak bertemu
dengan siswa secara fisik dan langsung? Ini merupakan pertanyaan yang
sangat kompleks. Dengan learning engagement, pendidikan jarak jauh tak
lagi sekadar proses belajar, tetapi lebih dari itu.
Dalam dunia pendidikan, istilah learning engagement rasanya sudah
familier bagi para pengajar. Namun, mengapa ini menjadi penting? Learning
engagement berhubungan dengan bagaimana menjadikan siswa memiliki
pengalaman belajar yang bermakna (meaningful) (Ke dkk, 2016; Jung & Lee,
2018; Chen, 2017). Dalam praktik di kelas, pengajar harus mampu
membedakan antara compliance dan learning engagement. Compliance
sering dilakukan pada pola pengajaran lama ketika siswa diminta u n t u k
menyelesaikan tugas, seringnya secara pasif, tanpa adanya motivasi internal