Page 62 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 62

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~   47



               menumbuhkan  dan  meningkatkan  learning  engagement  mahasiswa
               Universitas Terbuka yang mengikuti tutorial online.
                   Dalam  pendidikan  tinggi  terbuka  dan  jarak  jauh,  dosen  memiliki
               pengaruh  yang  sangat  signifikan  bagi  pengalaman  belajar  mahasiswa,
               berbagai  konsep  pengetahuan  yang  dipelajari  mahasiswa,  dan  motivasi
               belajar  mahasiswa.  Menjadikan  mahasiswa  merasa  sebagai  bagian  dari
               sebuah  proses  belajar  online  atau  jarak  jauh  berarti  memastikan  bahwa
               keberadaan  mahasiswa  di  dalam  kelas  harus  dianggap  dan  diakui
               keberadaannya. Dosen Universitas Terbuka melihat hal ini dari partisipasi
               mahasiswa  dalam  diskusi,  memberikan  komentar,  atau  ketika  dosen
               mengomentari  hasil  pekerjaan  mahasiswa.  Saya  percaya  bahwa  penting
               bagi  dosen  untuk  memunculkan  dirinya  dalam  pendidikan  jarak  jauh
               sehingga  mahasiswa  mengetahui  bahwa  dosen,  meskipun  tidak  bertatap
               muka secara langsung, ada dan memperhatikan proses belajar mereka. Saya
               juga  yakin  bahwa  dosen  perlu  memastikan  untuk  “muncul”  dan  menjadi
               bagian dari proses belajar mahasiswa agar mereka merasa bahwa kelas atau
               komunitas  belajar  yang  mereka  ikuti  terasa  lebih  nyata  dengan  adanya
               interaksi dan komunikasi.

               PERAN DOSEN

                   Pentingkah  peran  dosen  dalam  pendidikan  tinggi  terbuka  dan  jarak
               jauh?

                   “Saya  merasa  senang  ketika  dosen  tuton  saya  memberikan  masukan  dan
                   menjawab pertanyaan saya dalam waktu yang singkat. Di kelas-kelas yang saya
                   jalani,  ada  dosen  yang  merespons  dengan  cepat,  tetapi  ada  pula  yang
                   merespons  dengan  lambat.  Saya  merasa  dosen  lebih  memperhatikan  saya
                   ketika merespons dengan cepat. Saya juga merasa lebih akrab  ketika dosen
                   sering berkomunikasi dengan kami para mahasiswa di kelas tuton.”

                   Pengalaman  yang  diungkapkan  oleh  RN,  mahasiswa  Universitas
               Terbuka,  ini  menunjukkan  kebutuhan  learning  engagement  mahasiswa
               dalam  perkuliahan  online  terutama  yang  difasilitasi  oleh  dosen.  Ini
               membuktikan bahwa mahasiswa Universitas Terbuka juga telah merasakan
               learning engagement selama proses perkuliahan melalui tutorial online.
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67