Page 65 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 65
50 ~ Antologi CPNS ~
memfasilitasi mahasiswa untuk dapat berinteraksi dengan temannya
menjadi hal yang utama. Pada laman tutorial online Universitas Terbuka,
telah disediakan menu forum diskusi dan menu lain yang memungkinkan
mahasiswa untuk melakukan interaksi dengan teman sekelas. Yang
terpenting adalah bagaimana dosen mampu memaksimalkan fasilitas menu
yang telah tersedia guna mendukung kegiatan bersosialisasi
antarmahasiswa. NW menyatakan hal berikut.
“Saya mungkin tidak terlalu rajin di tuton, tetapi saya berusaha tetap
berpartisipasi dalam forum diskusi. Dari situ, saya belajar hal baru dan banyak
teman yang membantu jika saya kesulitan memahami materi. Saya merasa
perkuliahannya tetap menyenangkan dan saya bisa menambah teman baru.”
Interaksi dan bersosialisasi telah difasilitasi dengan fitur-fitur, seperti
chat dan komentar serta balasan komentar pada laman tuton Universitas
Terbuka. Fitur inilah yang akan menjadi daya tarik bagi mahasiswa karena
ketika konten materi yang dipelajari tidak mampu menarik minat belajar,
keinginan mahasiswa untuk berinteraksi dengan mahasiswa lain akan
membuat mereka kembali bergabung dengan aktivitas di dalam kelas
pendidikan jarak jauh. Dengan demikian, akan muncul motivasi diri dari
mahasiswa untuk terus mengikuti kegiatan pembelajaran.
Dalam praktiknya, dosen dalam kelas tuton mampu memantik diskusi
dengan menggunakan berbagai cara, seperti dengan membuka sesi khusus
untuk diskusi. Pertanyaan pemantik diskusi dapat berupa pertanyaan
terbuka atau pernyataan yang memunculkan perdebatan dan memaksa
mahasiswa untuk melakukan pemikiran secara kritis. Kegiatan ini dapat
membuat mahasiswa dalam pendidikan jarak jauh yang asynchronous untuk
berinteraksi dan berdiskusi dengan temannya.
Dosen juga dapat meminta mahasiswa untuk membuat rekaman video.
Mahasiswa dapat memberikan komentar terhadap sebuah studi kasus dan
mereka juga dapat saling berkomentar terhadap hasil rekaman video
tersebut. Praktik ini telah dilakukan oleh dosen Universitas Terbuka dan
memang kegiatan ini dapat membuat kelas asynchronous terasa lebih nyata
sebab mahasiswa dapat melihat wajah teman sekelasnya.