Page 65 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 65

50  ~ Antologi CPNS ~


          memfasilitasi  mahasiswa  untuk  dapat  berinteraksi  dengan  temannya
          menjadi hal yang utama. Pada laman tutorial  online Universitas Terbuka,
          telah disediakan menu forum diskusi dan menu lain yang memungkinkan
          mahasiswa  untuk  melakukan  interaksi  dengan  teman  sekelas.  Yang
          terpenting adalah bagaimana dosen mampu memaksimalkan fasilitas menu
          yang   telah   tersedia   guna   mendukung   kegiatan   bersosialisasi
          antarmahasiswa. NW menyatakan hal berikut.

             “Saya  mungkin  tidak  terlalu  rajin  di  tuton,  tetapi  saya  berusaha  tetap
             berpartisipasi dalam forum diskusi. Dari situ, saya belajar hal baru dan banyak
             teman  yang  membantu  jika  saya  kesulitan  memahami  materi.  Saya  merasa
             perkuliahannya tetap menyenangkan dan saya bisa menambah teman baru.”


             Interaksi dan bersosialisasi telah difasilitasi dengan fitur-fitur, seperti
          chat dan komentar serta balasan komentar pada laman tuton Universitas
          Terbuka. Fitur inilah yang akan menjadi daya tarik bagi mahasiswa karena
          ketika konten materi yang dipelajari tidak mampu menarik minat belajar,
          keinginan  mahasiswa  untuk  berinteraksi  dengan  mahasiswa  lain  akan
          membuat  mereka  kembali  bergabung  dengan  aktivitas  di  dalam  kelas
          pendidikan  jarak  jauh.  Dengan  demikian,  akan  muncul  motivasi  diri  dari
          mahasiswa untuk terus mengikuti kegiatan pembelajaran.
             Dalam praktiknya, dosen dalam kelas tuton mampu memantik diskusi
          dengan menggunakan berbagai cara, seperti dengan membuka sesi khusus
          untuk  diskusi.  Pertanyaan  pemantik  diskusi  dapat  berupa  pertanyaan
          terbuka  atau  pernyataan  yang  memunculkan  perdebatan  dan  memaksa
          mahasiswa  untuk  melakukan  pemikiran  secara  kritis.  Kegiatan  ini  dapat
          membuat mahasiswa dalam pendidikan jarak jauh yang asynchronous untuk
          berinteraksi dan berdiskusi dengan temannya.
             Dosen juga dapat meminta mahasiswa untuk membuat rekaman video.
          Mahasiswa dapat memberikan komentar terhadap sebuah studi kasus dan
          mereka  juga  dapat  saling  berkomentar  terhadap  hasil  rekaman  video
          tersebut.  Praktik  ini  telah  dilakukan  oleh  dosen  Universitas  Terbuka  dan
          memang kegiatan ini dapat membuat kelas asynchronous terasa lebih nyata
          sebab mahasiswa dapat melihat wajah teman sekelasnya.
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70