Page 70 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 70

56  ~ Antologi CPNS ~


          jarak jauh). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengenalan tentang
          Universitas  Terbuka  dan  layanan  UT  online,  membekali  mahasiswa  agar
          terampil dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran di UT, serta
          memberikan motivasi kepada mahasiswa dalam belajar mandiri.
             Menjaga  konsistensi  mahasiswa  dalam  belajar  mandiri  dan  memacu
          semangat  mahasiswa  untuk  dapat  selesai  tepat  waktu  serta  agar  tidak
          menemui  kendala  yang  berarti  sangatlah  sulit.  Jangankan  untuk  UT,  di
          universitas  konvensional  pun  yang  notabenenya  dosen  dan  mahasiswa
          langsung bertemu dan dapat langsung memberikan motivasi, hal ini terasa
          sulit. Untuk itu, UT melakukan inovasi dengan menyediakan layanan klinik
          belajar.  Kegiatan  ini  merupakan  fasilitas  layanan  bimbingan  dan
          pendampingan  yang  berfungsi  memberikan  pelatihan,  pembekalan,  dan
          konsultasi  untuk  membantu  mahasiswa  dalam belajar dan  penyelesaian
          kesulitan atau masalah belajar di UT.

          LAYANAN BANTUAN BELAJAR DAN PROSES PENILAIAN DI UNIVERSITAS
          TERBUKA

             Sebelumnya, dibahas bagaimana proses pendaftaran dan pembelajaran
          di UT. Untuk berkuliah di UT, tidak dipersyaratkan tes masuk. Oleh karena
          itu, untuk menjaga kualitas lulusannya, proses seleksi sebenarnya ada pada
          proses pembelajaran dan penilaiannya.
             Proses  pembelajaran  di  UT  dilaksanakan  dalam  delapan  inisiasi  atau
          pertemuan,  baik  yang  mengambil  layanan  tuton  maupun  TTM.  Jumlah
          pertemuan ini terlihat lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah pertemuan
          di  kampus  konvensional,  yakni  16  pertemuan.  Hal  ini  karena  sistem
          pembelajaran  di  UT  bertumpu  pada  belajar  mandiri.  Mahasiswa  berada
          pada  posisinya,  yakni  sebagai  pembelajar  dewasa  atau  oleh  Malcolm
          Knowles  diberi  istilah  andragogi.  Berdasarkan  tingkat  perkembangannya,
          pembelajar dewasa dipandang telah memiliki kesiapan belajar yang matang
          yang secara dominan ditentukan oleh tuntutan tugas dan peran sosialnya.
             Sebelum  inisiasi  atau  pertemuan,  mahasiswa  terlebih  dahulu  belajar
          mandiri seperti mempelajari  katalog (membaca kurikulum, jenis layanan,
          dan bahan pendukung setiap mata kuliah), membaca kalender akademik,
          mengikuti EKBM (untuk mahasiswa semester awal), dan melakukan aktivasi
          tutorial  online  (bagi  mahasiswa  yang  memilih  layanan  bantuan  belajar
          tuton)  serta  orientasi  terhadap  isi  mata  kuliah.  Setelah  inisiasi  atau
   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74   75