Page 75 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 75
~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~ 61
Delay P e m b e l a j a r a n y a n g M e n d e b a r k a n
Ernayanti Nur Widhi, S.T., M.A.
"Online learning is not the next big thing,
it is the now big thing.”
- Donna J. Abernathy -
PROLOG
Setiap model pembelajaran memiliki keunikan masing-masing.
Pembelajaran asynchronous memungkinkan terjadinya pembelajaran
meskipun antara pendidik dan peserta didik tidak bertemu dalam satu
waktu. Universitas Terbuka memiliki layanan bantuan belajar dengan model
pembelajaran asynchronous berupa tutorial online. Penantian dalam jeda
pertemuan tutor dan mahasiswa menyebabkan delay pembelajaran yang
mendebarkan. Berbagai kisah terjadi dalam kelas tutorial online. Inilah
beberapa di antaranya.
POTRET PEMBELAJARAN ASYNCHRONOUS
"Bu, saya sudah merespons diskusi 3, tetapi belum ada nilainya." Ini
salah satu isi email yang notifikasinya kuterima pukul 2 dini hari tadi. Seperti
biasa, pagi hari setibanya di kantor aku memang langsung cek pesan masuk
di email, membalas pesan yang perlu dibalas, lalu menulis rencana kerja
harian di buku kecilku.
Penasaran dengan pesan dari mahasiswa tadi, aku pun langsung
membuka kelas tutorial online-ku. Ada empat kelas yang tertulis di laman e-
learning-ku. Aku mengecek satu per satu di diskusi 3 setiap kelas. Aku
merespons diskusi dan memberi nilai pada diskusi yang memang belum
s e m p a t k u n i l a i . A k h i r n y a , a k u m e n e m u k a n N I M m a h a s i s w a y a n g
mengirimkan email padaku dini hari tadi. Ia adalah seorang guru PAUD di
Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Ia mulai mengajar di
PAUD sekitar rumahnya sejak tahun 2016. Pada tahun 2018, ia memulai
kuliah di PGPAUD Universitas Terbuka dengan pilihan layanan SIPAS non-
TTM (tutorial tatap muka). Ia memilih layanan tersebut karena di wilayah