Page 77 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 77

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~   63



                   Mengampu kelas tutorial online memang cukup berbeda dengan kelas
               offline, satu sesi inisiasinya tidak terhitung dalam satuan jam, tetapi hari,
               tepatnya tujuh hari alias seminggu. Mahasiswa bebas bertanya kapan saja
               terkait dengan materi yang ada dalam modul. Bahkan, lewat dari sesi inisiasi
               yang  sudah  ditetapkan,  mahasiswa  tetap  berhak  untuk  bertanya  atau
               merespons diskusi.
                   Pembelajaran asynchronous  adalah pembelajaran yang memanfaatkan
               media komunikasi asinkron. Pembelajaran bisa terjadi, baik dalam jaringan
               maupun luar jaringan. Namun, pembelajaran  asynchronous  luar jaringan
               sudah lama ditinggalkan. Pembelajaran asynchronous  dalam jaringan dapat
               dilakukan  melalui  email,  forum,  rekaman  simulasi  visual, serta  membaca
               dan menulis dokumen daring di website atau situs internet (Goodwin, dkk,
               2001).  Pembelajaran  asynchronous    di  Universitas  Terbuka  dilaksanakan
               dengan  menggunakan  Moodle  sebagai  aplikasi  learning  management
               system (LMS). Tutor dan mahasiswa dikumpulkan dalam sebuah kelas virtual
               yang  biasa  disebut  tutorial  online  (tuton).  Walaupun  tidak  pernah
               berkumpul bersama-sama di ruang kelas, pembelajaran asynchronous  tetap
               mampu mengantarkan pembelajaran dengan baik.
                   Kelebihan pembelajaran asynchronous  adalah pada fleksibilitas waktu.
               Baik tutor maupun mahasiswa dapat mengakses pembelajaran kapan saja.
               Dukungan media daring menjadikan  pembelajaran dapat diakses di mana
               saja  selama  perangkat  pembelajaran  terhubung  dengan  jaringan.
               Pembelajaran asynchronous  memberikan kemudahan kepada mahasiswa
               yang  memiliki  banyak  kesibukan  sehingga  sulit  untuk  hadir  bersamaan
               dengan  tutor  dan  teman-teman  yang  lainnya dalam  ruang  kelas  tutorial.
               Mahasiswa yang kuliah sambil bekerja lebih mudah mengikuti pembelajaran
               asynchronous    karena  mereka  bisa  mengakses  pembelajaran  kapan  saja.
               Namun, tentunya pembelajaran asynchronous  juga memiliki kelemahan, di
               antaranya respons pembelajaran yang tidak langsung, seperti peristiwa yang
               aku alami saat ini. Cerita ini mungkin saja dialami oleh tutor tutorial online
               yang lain, di mana respons pembelajaran tidak bisa langsung terjadi. Bagi
               para tutor, tidak langsungnya respons pembelajaran ini mungkin saja bukan
               suatu hal yang merisaukan, tetapi bagi mahasiswa, hal ini cukup merisaukan
               karena keingintahuan itu harus segera dituntaskan. Pada saat mahasiswa
               merespons  diskusi  dan  tugas,  sudah  sewajarnya  mereka  mengharapkan
               feedback yang cepat dari tutor atau saat mereka membaca suatu bahasan
               di  modul  dan  belum  dapat  memahaminya.  Maka  dari  itu,  mereka  boleh
   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82