Page 76 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 76

62  ~ Antologi CPNS ~


          Kapuas Timur pada waktu itu tidak ada kelas TTM. Agar dapat mengatur
          waktu belajar dan memiliki komunitas belajar, ia mengikuti kelas tutorial
          online untuk semua mata kuliah yang ditawarkan.
             Kelas-kelas tutorial di Universitas Terbuka merupakan bantuan belajar
          yang  disediakan  untuk  mahasiswa.  Sejatinya,  dengan  sistem  pendidikan
          jarak jauh, mahasiswa diharapkan mampu belajar mandiri dengan membaca
          buku  materi  pokok  serta  mengerjakan  soal-soal  latihan  yang  ada  di
          dalamnya. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengakses suplemen-suplemen
          pembelajaran lainnya, seperti UT TV dan UT Radio. Untuk mengoptimalkan
          proses  pembelajaran,  disediakanlah  kelas-kelas  tutorial.  Kelas  tutorial
          dengan  modus  online  menggunakan  pembelajaran  asynchronous  ,
          sedangkan  tutorial  dengan  modus  offline  menggunakan  pembelajaran
          sinkronus. Tutorial dengan modus offline sering disebut tutorial tatap muka
          (TTM) dan tutorial dengan modus online disebut dengan tutorial online atau
          tuton.  Tutorial  online  dibagi  menjadi  delapan  sesi  inisiasi.  Di  setiap  sesi,
          tutor  akan  memberikan  inisiasi  belajar  berupa  pertanyaan  diskusi  dan
          direspons oleh mahasiswa. Selain topik inisiasi yang dilemparkan oleh tutor,
          mahasiswa  juga  bisa  bertanya  apa  pun  yang  terkait  dengan  materi
          pembelajaran.  Demi  menunjang  pembelajaran,  mahasiswa  dianjurkan
          untuk mengikuti salah satu tutorial dengan dua pilihan modus tersebut.
             Pada kelas tutonku sendiri, aku terbiasa membuka kelas pada pagi hari
          sebelum  mulai  dengan  rutinitas  pekerjaan  di  UPBJJ.  Aku  selalu
          mengusahakan untuk merespons diskusi mahasiswa satu per satu, terutama
          mengecek plagiasinya. Tidak jarang aku menemukan jawaban diskusi yang
          sama persis antara mahasiswa satu dan yang lain. Saat mendapati jawaban
          diskusi atau tugas yang sama persis, biasanya aku akan memberikan nilai di
          bawah  standar  untuk  respons  diskusi  mahasiswa  tersebut  sembari
          mengingatkan  mahasiswa  melalui  pesan  pribadi  dalam  fasilitas  LMS. Jika
          mahasiswa  merevisi  jawabannya,  ia  berhak  mendapatkan  nilai  yang
          sewajarnya.
             Kembali kucermati jawaban diskusi mahasiswa yang tadi mengirimiku
          pesan, ternyata ia merespons diskusi pada hari Sabtu malam dan  belum
          kuberi nilai. Kuingat-ingat lagi, aku terakhir mengakses laman e-learning-ku
          pada  hari  Sabtu  sebelum  jam  makan  siang.  Hari  Minggu  aku  ada  tugas
          monitoring tutorial tatap muka di lokal Samarinda sehingga tidak membuka
          e-learning sama sekali sehingga wajar jika mahasiswa bertanya mengapa
          respons diskusinya belum dinilai.
   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81