Page 78 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 78

64  ~ Antologi CPNS ~


          menanyakannya  kepada  tutor  di  ruang  kelas.  Namun,  jika  respons
          pembelajaran ter-delay, ini akan menurunkan motivasi belajar mahasiswa
          tersebut sebagaimana ada di dalam hukum kesiapan belajar.
             Sambil tersenyum, ku berikan nilai diskusi untuk mahasiswa tersebut.
          Kuhitung  kembali  jeda  antara  mahasiswa  untuk  merespons  diskusi  dan
          diberikan nilai tidak sampai lebih dari 2x24 jam, tetapi mahasiswa sudah
          merasa khawatir sampai merasa harus mengingatkan tutor via email. Inilah
          kenyataan  yang  terjadi  di  kelas  asynchronous  ,  kami  dituntut  untuk
          sinkronus.
             Delay pembelajaran tidak hanya disebabkan oleh pengelolaan waktu
          semata,  tetapi  bisa  disebabkan  oleh  kendala  jaringan  yang  kerap  k a l i
          dikeluhkan  oleh  mahasiswa  di  kelas  tutonku.  Saat  menjelang  akhir  sesi
          tutonku  semester  lalu,  ada  beberapa  mahasiswa  yang  biasanya  aktif
          merespons diskusi belum mengirimkan tugas 3. Dua hari sebelum deadline
          pengumpulan tugas, aku mengirimkan pesan secara massal kepada semua
          mahasiswa  di  kelas  tutonku.  Isi  pesanku  adalah  mengingatkan
          mengumpulkan  tugas  3  dan  menanyakan  kendala  tuton  secara  umum.
          Dengan  mengirimkan  pesan  tersebut,  aku  berharap  mahasiswaku  yang
          cukup  aktif  dalam  diskusi  mengonfirmasi  dan  mengirimkan  tugas  yang
          belum mereka kirimkan. Komponen nilai dalam tuton terdiri atas kehadiran,
          diskusi, dan nilai tugas. Nilai tuton sendiri berkontribusi 30% terhadap total
          nilai akhir. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan aktif dan selalu terlibat
          dalam pembelajaran. Pada setiap sesi kelas tutonku, aku selalu berusaha
          mengingatkan seluruh mahasiswa untuk merespons pembelajaran. Namun,
          terkadang ada mahasiswa yang tidak pernah mengikuti tuton sama sekali.
          Kepada mahasiswa yang tidak merespons sebanyak tiga sesi berturut-turut,
          aku akan mengirimkan pesan pribadi untuk menanyakan kendalanya.
             Hari  berikutnya  syukurlah  ada  beberapa  mahasiswa  yang  mengirim
          tugas 3. Kuperiksa pesan masuk di LMS-ku, ada balasan dari mahasiswa,
          termasuk mahasiswa yang baru saja mengirimkan tugas. Ia adalah seorang
          guru  PAUD  di  Ujung  Pandaran,  Sampit,  Kalimantan  Tengah.  “Saya  sudah
          kirim tugas 3 kemarin, Bu, dan sudah ada notifikasi terkirim,” tulisnya dalam
          pesan balasan tersebut. Ia bercerita bahwa saat mengirimkan tugas 3, ia
          membutuhkan waktu cukup lama karena terkendala jaringan, “Mutar-mutar
          terus itu, Bu, di e-learning saya karena loading,” tulisnya di pesan tersebut.
          Notifikasi  di  laman  e-learning-nya  sudah  menunjukkan  bahwa  sudah
          berhasil mengirimkan tugas sehingga ia tidak memeriksa kembali e-learning-
   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83