Page 79 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 79

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~   65



               nya dalam beberapa hari berikutnya. Setelah mendapatkan notifikasi pesan
               dariku kemarin, barulah ia mengirim ulang tugas tersebut. “Tolong dibalas
               pesan  saya,  ya,  Bu,  jika  tugas  3  saya  sudah  diterima  supaya  saya  tidak
               khawatir lagi,” pintanya pada akhir pesan. Setelah memastikan bahwa tugas
               3 mahasiswa tersebut sudah ada dan benar sesuai dengan instruksi, aku
               mengirim pesan balasan kepadanya.
                   Satu  lagi  mahasiswa  dalam  kelas  tutonku  yang  mengirim  pesan,  ia
               adalah seorang guru PAUD di Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Kalimantan
               Tengah. Ia menuliskan bahwa ia telah merevisi tugasnya. Sebelumnya, ia
               hanya mengirimkan tugas tanpa melampirkan dokumentasi yang diminta
               pada  file  berbeda.  Namun,  setelah  ia  membaca  instruksi  tugas  dengan
               saksama,  ia  mengirimkan  tugas  sesuai  dengan  yang  diminta.  Ketika  aku
               mengecek  di  bagian  pengunggahan  tugasnya,  kulihat  nilainya  memang
               belum maksimal. Dengan revisi yang dikirimkannya ini, aku bisa memberikan
               nilai yang maksimal. Delay pembelajaran tidak hanya berasal dari tutor atau
               mahasiswa,  tetapi  bisa  berasal  dari  faktor  jaringan  dan  konten
               pembelajaran.
                   Delay  pembelajaran  dapat  disebabkan  oleh  lambatnya  respons
               mahasiswa ataupun respons tutor. Pertama kali mengampu kelas tuton, aku
               pernah  terlewat  batas  waktu  merespons  tugas  mahasiswa  karena
               manajemen yang kurang baik. Pada masa akhir penilaian diskusi dan tugas
               mahasiswa,  biasanya  kami  selalu  diingatkan  oleh  kaprodi  agar  tidak  ada
               yang terlewat. Aku tenang-tenang saja karena yakin tidak ada yang terlewat
               saat  menilai  diskusi  dan  tugas  mahasiswa,  tetapi  betapa  kagetnya  aku
               ternyata  pada  list  yang  dikirimkan  oleh  kaprodi  ada  namaku  dan  daftar
               mahasiswa yang belum kunilai. Aku pun langsung membuka kelas tutonku
               saat itu juga. Ternyata, ada satu mahasiswa yang merevisi tugasnya, tetapi
               tidak melakukan konfirmasi. Mahasiswa tersebut sudah pernah kuberikan
               nilai tugas. Namun, karena merasa bahwa nilai yang kuberikan kurang baik,
               ia merevisi tugasnya dan mengirim kembali. Setelah itu, kucermati satu per
               satu dan kupastikan bahwa tidak ada yang terlewat lagi.

               MANAJEMEN PEMBELAJARAN ASYNCHRONOUS  DALAM JARINGAN

                   Mengampu  pembelajaran  asynchronous    cukup  berbeda  dengan
               mengampu pembelajaran sinkronus. Di kelas sinkronus, terjadi pertemuan
               antara pendidik dan peserta didik dalam satu waktu. Hal-hal yang belum
   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84