Page 79 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 79
~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~ 65
nya dalam beberapa hari berikutnya. Setelah mendapatkan notifikasi pesan
dariku kemarin, barulah ia mengirim ulang tugas tersebut. “Tolong dibalas
pesan saya, ya, Bu, jika tugas 3 saya sudah diterima supaya saya tidak
khawatir lagi,” pintanya pada akhir pesan. Setelah memastikan bahwa tugas
3 mahasiswa tersebut sudah ada dan benar sesuai dengan instruksi, aku
mengirim pesan balasan kepadanya.
Satu lagi mahasiswa dalam kelas tutonku yang mengirim pesan, ia
adalah seorang guru PAUD di Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Kalimantan
Tengah. Ia menuliskan bahwa ia telah merevisi tugasnya. Sebelumnya, ia
hanya mengirimkan tugas tanpa melampirkan dokumentasi yang diminta
pada file berbeda. Namun, setelah ia membaca instruksi tugas dengan
saksama, ia mengirimkan tugas sesuai dengan yang diminta. Ketika aku
mengecek di bagian pengunggahan tugasnya, kulihat nilainya memang
belum maksimal. Dengan revisi yang dikirimkannya ini, aku bisa memberikan
nilai yang maksimal. Delay pembelajaran tidak hanya berasal dari tutor atau
mahasiswa, tetapi bisa berasal dari faktor jaringan dan konten
pembelajaran.
Delay pembelajaran dapat disebabkan oleh lambatnya respons
mahasiswa ataupun respons tutor. Pertama kali mengampu kelas tuton, aku
pernah terlewat batas waktu merespons tugas mahasiswa karena
manajemen yang kurang baik. Pada masa akhir penilaian diskusi dan tugas
mahasiswa, biasanya kami selalu diingatkan oleh kaprodi agar tidak ada
yang terlewat. Aku tenang-tenang saja karena yakin tidak ada yang terlewat
saat menilai diskusi dan tugas mahasiswa, tetapi betapa kagetnya aku
ternyata pada list yang dikirimkan oleh kaprodi ada namaku dan daftar
mahasiswa yang belum kunilai. Aku pun langsung membuka kelas tutonku
saat itu juga. Ternyata, ada satu mahasiswa yang merevisi tugasnya, tetapi
tidak melakukan konfirmasi. Mahasiswa tersebut sudah pernah kuberikan
nilai tugas. Namun, karena merasa bahwa nilai yang kuberikan kurang baik,
ia merevisi tugasnya dan mengirim kembali. Setelah itu, kucermati satu per
satu dan kupastikan bahwa tidak ada yang terlewat lagi.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN ASYNCHRONOUS DALAM JARINGAN
Mengampu pembelajaran asynchronous cukup berbeda dengan
mengampu pembelajaran sinkronus. Di kelas sinkronus, terjadi pertemuan
antara pendidik dan peserta didik dalam satu waktu. Hal-hal yang belum