Page 64 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 64

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~   49



                   Mengapa  menggunakan  ragam  media  komunikasi  sangat  penting?
               Karena, dosen perlu tahu media komunikasi mana yang paling efektif untuk
               membangun koneksi dan hubungan baik dengan mahasiswa. Dosen perlu
               tahu  bahwa  masing-masing  mahasiswa  secara  individu  memiliki
               kecenderungan  untuk  menggunakan  media  komunikasi  yang  berbeda.
               Menyediakan berbagai pilihan media bagi mahasiswa untuk berkomunikasi
               dengan  dosen  dapat  memberikan  kenyamanan  bagi  mahasiswa  karena
               mereka  dapat  memilih  media  komunikasi  mana  yang  paling  cocok  bagi
               mereka.
                   “Balasan dari komentar atau jawaban saya di forum diskusi selama ini
               direspons oleh dosen saya. Ketika komentar saya dibalas oleh dosen, saya
               merasa senang karena saya tahu bahwa dosen betul-betul membaca apa
               yang  saya  tuliskan.”  NW  juga  mahasiswa  Universitas  Terbuka  yang  telah
               merasakan  manfaat  praktik  pembelajaran  di  tutorial  online  U n i v e r s i t a s
               Terbuka.  Pada  tutorial  online  itu,  terdapat  fasilitas  pemberian  balasan,
               komentar, atau saran terhadap segala aktivitas belajar yang dilakukan oleh
               mahasiswa.  Untuk  memunculkan  dan  membangun  learning  engagement
               dalam  pembelajaran  online  di  Universitas  Terbuka,  dosen  harus  mampu
               menggunakan  fasilitas  tersebut  secara  maksimal  guna  membangun
               hubungan baik dengan mahasiswa. Caranya adalah memberikan komentar
               atau feedback secara individu bagi masing-masing mahasiswa.
                   Meng-copy satu kalimat komentar untuk memberikan komentar pada
               mahasiswa  lain  sehingga  komentar  atau  feedback  yang kita  berikan  bagi
               semua mahasiswa berisi kalimat yang sama adalah hal yang harus dihindari.
               Memberikan komentar secara khusus dengan gaya kalimat berbeda bagi
               masing-masing  mahasiswa  menunjukkan  bahwa  dosen  memperhatikan
               mereka  secara  individu.  Hal  ini  mampu  membuat  mahasiswa  merasa
               menjadi  bagian  dari  komunitas  belajar  dan  membantu  mereka  merasa
               visible sebagai bagian dari proses belajar meskipun pembelajaran dilakukan
               secara asynchronous.

               INTERAKSI ANTARMAHASISWA


                   Banyak penelitian telah membuktikan bahwa pembelajar yang merasa
               terhubung melalui interaksi dengan teman sekelasnya akan merasa menjadi
               bagian dari proses belajar. Di Universitas Terbuka, mahasiswa tidak bertemu
               dengan teman sekelasnya secara langsung. Akan tetapi, Universitas Terbuka
   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69