Page 115 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 115

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~  103


                      P e r a n   P e m e r i n t a h   d a l a m   P e r k e m b a n g a n
                         Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia

                                Roman Hadi Saputro, S.S., M.I.P.


                     “Hidup memang tidak semudah membalikkan telapak tangan,
                              tapi dengan telapak tangan kita dapat
                                membuat hidup lebih bermakna”
                                           - R H S   -


               PROLOG

                   Merebaknya  wabah  virus  Covid-19  pada  awal  tahun  2020  telah
               mengubah  tatanan  kehidupan  manusia  di  seluruh  dunia,  termasuk
               Indonesia  dan  sektor  pendidikan  pun  ikut  merasakan  imbasnya.  Sistem
               pendidikan  di  Indonesia  yang  mengharuskan  siswanya  hadir  dalam  kelas
               tatap  muka  perlahan  mulai  digantikan  melalui  pendidikan  jarak  jauh.
               Kemajuan teknologi informasi yang selama ini jarang dimanfaatkan untuk
               kemajuan  pendidikan  kini  mendadak  menjadi  keharusan.  Guru,  siswa,
               dosen,  mahasiswa,  dan  setiap  orang  yang  memiliki  hubungan  langsung
               dengan  sektor  pendidikan kali  ini  wajib  untuk  melek  teknologi  dan  tidak
               canggung lagi untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
                   Pendidikan jarak jauh merupakan sistem pendidikan yang paling sesuai
               untuk diterapkan bila kita mengacu kepada Protokol Kesehatan  Covid-19
               yang  berlaku,  yaitu  adanya  pembatasan  fisik  (physical  distancing)  dan
               pembatasan sosial (social distancing) untuk mencegah penularan Covid-19.
               Melakukan  pembelajaran  dengan  sistem  pendidikan  jarak  jauh  akan
               menjadikan proses belajar mengajar tetap berlangsung tanpa perlu adanya
               tatap muka secara langsung (konvensional).
                   Perbedaan  yang  paling  mendasar  antara  pendidikan  konvensional
               dengan pendidikan jarak jauh terletak pada bentuk interaksi antara pengajar
               dengan  siswa  atau  penerima  materi  pendidikan,  pemakaian  teknologi
               informasi, peran sumber daya manusia, regulasi pemerintah, manajemen
               pendidikan,  dan  banyak  hal  lainnya.  Tetapi  perbedaan  tersebut  bukan
               merupakan  kendala  untuk  melakukan  dan  mengembangkan  pendidikan
               jarak  jauh  menuju  pendidikan  yang  dapat  menjangkau  masyarakat  yang
               tidak terjangkau. Sesuai dengan amanat dari Pembukaan Undang-Undang
   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120