Page 119 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 119
~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~ 107
dilakukan di depan kelas kepada sesuatu yang berbentuk web atau dengan
kata lain menggunakan materi pembelajaran online dan materi ini harus
dapat diakses oleh pembelajar kapan pun dan di mana pun.
A.W. Bates dalam bukunya Technology, Open Learning and Distance
Education mengemukakan tentang kerangka yang akan dipakai dalam
mencermati media tersebut mengacu pada kriteria pemilihan media dan
teknologi, yakni ACTIONS (Accesibility, Cost, Teaching-Learning Functions,
Interactivity, Organization, Novelty, dan Speed).
1. Accesibility. Aksesibilitas di sini maksudnya adalah mengacu pada
sasaran program yang memiliki akses pada media atau teknologi yang
akan digunakan dalam aktivitas pembelajaran. Akses di sini tidak hanya
terbatas pada akses secara fisik saja, tetapi aspek mampu atau bahkan
menyangkut pula aspek kenyamanan dalam memanfaatkan media
tersebut.
2. Cost. Biaya dalam hal ini meliputi biaya yang harus dikeluarkan oleh
institusi pelaksana pendidikan jarak jauh dan oleh para peserta a j a r .
Biaya yang harus dikeluarkan oleh institusi meliputi biaya tetap
(investasi awal), yaitu biaya yang harus dikeluarkan pada waktu
mengembangkan media dan biaya tambahan bagi setiap penambahan
jumlah peserta (operasional).
3. Teaching-Learning Functions. Efektivitas fungsi pembelajaran di sini
mengacu pada kesesuaian media yang dipergunakan untuk
menyampaikan isi pembelajaran. Sebagai contohnya adalah jika isi
pembelajaran memerlukan presentasi materi dalam berbagai format,
misalnya gambar, suara, teks, film animasi, dan lainnya maka media
yang digunakan harus mampu mendukung untuk hal ini.
4. Interactivity. Interaktif di sini mengacu kepada dua hal yakni apakah
media yang akan digunakan akan mampu melibatkan siswa dalam
pembelajaran, yaitu interaksi individual antara peserta didik dengan
materi ajarnya, dan yang kedua adalah menyangkut apakah media yang
akan digunakan akan mampu mendukung interaksi antara peserta didik
dengan narasumber yang akan membantu peserta didik dalam
memahami materi ajar dan interaksi antar peserta ajar.
5. Organization. Organisasi di sini adalah bagaimana peran dari organisasi
dalam menentukan media yang tepat yang akan digunakan untuk
proses transfer pengetahuan kepada para peserta didik. Dalam hal ini,