Page 119 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 119

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~  107


               dilakukan di depan kelas kepada sesuatu yang berbentuk web atau dengan
               kata  lain  menggunakan  materi  pembelajaran  online dan materi  ini  harus
               dapat diakses oleh pembelajar kapan pun dan di mana pun.
                   A.W.  Bates  dalam  bukunya  Technology,  Open  Learning  and  Distance
               Education  mengemukakan  tentang  kerangka  yang  akan  dipakai  dalam
               mencermati media tersebut mengacu pada kriteria pemilihan media dan
               teknologi, yakni ACTIONS (Accesibility, Cost, Teaching-Learning Functions,
               Interactivity, Organization, Novelty, dan Speed).
               1.  Accesibility.  Aksesibilitas  di  sini  maksudnya  adalah  mengacu  pada
                   sasaran program yang memiliki akses pada media atau teknologi yang
                   akan digunakan dalam aktivitas pembelajaran. Akses di sini tidak hanya
                   terbatas pada akses secara fisik saja, tetapi aspek mampu atau bahkan
                   menyangkut  pula  aspek  kenyamanan  dalam  memanfaatkan  media
                   tersebut.
               2.  Cost. Biaya dalam hal ini meliputi biaya yang harus dikeluarkan oleh
                   institusi pelaksana pendidikan jarak jauh dan oleh para peserta  a j a r .
                   Biaya  yang  harus  dikeluarkan  oleh  institusi  meliputi  biaya  tetap
                   (investasi  awal),  yaitu  biaya  yang  harus  dikeluarkan  pada  waktu
                   mengembangkan media dan biaya tambahan bagi setiap penambahan
                   jumlah peserta (operasional).
               3.  Teaching-Learning  Functions.  Efektivitas  fungsi  pembelajaran  di  sini
                   mengacu  pada  kesesuaian  media  yang  dipergunakan  untuk
                   menyampaikan  isi  pembelajaran.  Sebagai  contohnya  adalah  jika  isi
                   pembelajaran memerlukan presentasi materi dalam berbagai format,
                   misalnya gambar, suara, teks, film animasi, dan lainnya maka media
                   yang digunakan harus mampu mendukung untuk hal ini.
               4.  Interactivity. Interaktif di sini mengacu kepada dua hal yakni apakah
                   media  yang  akan  digunakan  akan  mampu  melibatkan  siswa  dalam
                   pembelajaran,  yaitu  interaksi  individual  antara  peserta  didik  dengan
                   materi ajarnya, dan yang kedua adalah menyangkut apakah media yang
                   akan digunakan akan mampu mendukung interaksi antara peserta didik
                   dengan  narasumber  yang  akan  membantu  peserta  didik  dalam
                   memahami materi ajar dan interaksi antar peserta ajar.
               5.  Organization. Organisasi di sini adalah bagaimana peran dari organisasi
                   dalam  menentukan  media  yang  tepat  yang  akan  digunakan  untuk
                   proses transfer pengetahuan kepada para peserta didik. Dalam hal ini,
   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124