Page 123 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 123

112  ~ Antologi CPNS ~


          pendidikan jarak jauh ini dijalankan, kualitas output dari siswa akan sangat
          berbeda. Hal ini menimbulkan masalah yang serius karena berkaitan dengan
          generasi masa depan bangsa Indonesia.


          KOMPONEN-KOMPONEN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN JARAK JAUH

             Pada saat ini, pendidikan jarak jauh merupakan suatu hal yang sangat
          diperlukan, terkait dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh
          negara di dunia. Teknologi dalam pendidikan jarak jauh di Indonesia yang
          digunakan salah satunya adalah pembelajaran online (online learning). Sejak
          terjadi  pandemi  ini,  seluruh  pembelajaran  tatap  muka  diganti  menjadi
          pembelajaran  online.  Hampir  seluruh  jenjang  pendidikan  mengalami
          ketidaksiapan  dalam  menerapkan  pembelajaran  online  tersebut.
          Dampaknya  adalah  siswa  mulai  merasakan  jenuh  dalam  pembelajaran
          karena dengan pembelajaran online identik dengan pemberian tugas secara
          online dari pendidik kepada peserta didik (Harianti, 2020). Bisa dibayangkan
          dalam satu minggu katakanlah ada 10 mata pelajaran yang harus dipelajari
          disertai  dengan  tugas  tanpa  didampingi  secara  langsung  oleh  pendidik.
          Didampingi oleh pendidik saja nilai peserta didik masih rendah, apalagi tidak
          didampingi. Begitu kira-kira ilustrasi secara kasar potret pendidikan jarak
          jauh  menggunakan  pembelajaran  online  yang  diterapkan  di  negeri  ini.
          Masalah  lain  adalah  terkait  dengan  komponen  teknologi.  Komponen
          teknologi pada pendidikan jarak jauh menjadi salah satu kunci keberhasilan
          penerapan pembelajaran online.
             Jika  melihat  implementasi  pendidikan  jarak  jauh  menggunakan
          teknologi  secara  online,  terdapat  2  metode  yang  digunakan  yaitu
          synchronous  dan  asynchronous.  Synchronous  merupakan  pembelajaran
          yang dilakukan dalam waktu bersamaan baik antara pendidik dan peserta
          didik. Sedangkan asynchronous yaitu pembelajaran yang dilakukan dalam
          waktu berbeda antara pendidik maupun peserta didik. Kedua metode ini
          tidak terlepas dari komponen teknologi yang mendukungnya. Komponen
          teknologi tersebut terdiri dari hardware, software, brainware, dan jaringan
          (Rusmana, 2003).
             Hardware atau sering disebut dengan perangkat keras adalah sebuah
          komponen fisik yang mendukung berjalannya sebuah sistem dan kasat mata
          (Haruna,  n.d.).  Fungsi  secara  umum  dari  hardware  adalah  menerima
          masukan (input), mengolah data (process), memberikan keluaran (output),
   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128