Page 126 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 126

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~  115


               dalam  menggunakan  teknologi,  peserta  didik  merasa  bosan  dengan
               pembelajaran jarak jauh karena menganggap hanya mengerjakan tugas saja,
               dan belum ada kurikulum standar untuk pendidikan jarak jauh. Masalah-
               masalah tersebut menjadi tugas bagi kita semua untuk dicari solusinya agar
               sistem  pendidikan  jarak  jauh  dapat  berjalan  dengan  baik  untuk
               mencerdaskan kehidupan bangsa.
                   Komponen teknologi berikutnya adalah jaringan. Jaringan merupakan
               komponen  yang  tidak  kalah  penting  pada  pendidikan  jarak  jauh.
               Perkembangan  teknologi  jaringan  tidak  kalah  pesat  dengan  komponen
               lainnya. Awal dari perkembangan teknologi jaringan dimulai dari generasi
               pertama  yaitu  1G.  Generasi  pertama  ini  merupakan  generasi  ponsel
               menggunakan sistem analog pada tahun 1970 yang biasanya disebut AMPS
               (Advanced Mobile Phone System) dan TACS (Total Access Communication
               System). Kemudian berkembang menjadi generasi kedua 2G yang lebih baik
               dari  1G.  Generasi  kedua  ini  mulai  diluncurkan  secara  komersial  pada
               jaringan GSM (Global System for Mobile Communications) tahun 1991 di
               Finlandia.  Selain  melayani  suara,  2G  juga  dapat  melayani  text  yaitu  SMS
               (Short Message  Service).  Selanjutnya  adalah GPRS  (General  Packet  Radio
               Service)  yaitu  teknologi  2,5G  yang  dapat  memungkinkan  pengiriman  dan
               penerimaan lebih cepat dibanding sebelumnya. GPRS ini dapat digunakan
               untuk transfer data melalui email, MMS (Multimedia Messaging Service),
               dan  dapat  menelusuri  internet.  Selanjutnya  adalah  generasi  ketiga  atau
               generasi 3G. Generasi ketiga ini memiliki akses terhadap internet dengan
               bandwith  sampai  dengan  384  kilobit ,   l e b i h   c e p a t   d i b a n d i n g k a n   g e nerasi
               sebelumnya, sehingga generasi ketiga ini dapat digunakan untuk menonton
               video langsung melalui handphone. Kemudian generasi keempat yaitu 4G
               yang  sudah  dapat  menyediakan  pita  lebar  ultra  untuk  berbagai
               perlengkapan  elektronik,  contohnya  smartphone  dan  laptop   d  e n  g a n
               menggunakan USB (Universal Serial Bus) (Hartono, 2017). Sistem 4G dapat
               menyediakan  data,  arus  data  dan  multimedia  lebih  cepat  dibandingkan
               dengan  generasi  sebelumnya.  Selanjutnya  generasi kelima  yaitu  5G  yang
               dikembangkan  pada  tahun  2020.  Generasi  5G  ini  diprediksi  dapat  lebih
               cepat dari pada generasi sebelumnya, dapat terkoneksi dengan perangkat-
               perangkat seperti smartphone, mobil, dan alat elektronik lainnya  (Admaja,
               2015).
                   Perkembangan  komponen  teknologi  jaringan  saat  ini  sudah
               berkembang  sangat  pesat.  Hal  ini  tentu  sangat  membantu  dalam
               pelaksanaan  pendidikan  jarak  jauh.  Namun  meskipun  begitu,  masalah-
               masalah dalam pendidikan jarak jauh tetap ada. Masalah yang sering terjadi
   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131