Page 84 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 84
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 71
dekonstruksi terhadap pendekatan marketing yang bersifat ‘vertikal’
menjadi lebih ‘horizontal’.
Dalam new wave marketing tersebut, paling tidak ada dua benang
merah yang perlu dicermati. Pertama, berdasarkan kasus-kasus di atas
dapat dikatakan bahwa pada dasarnya pelanggan dapat berpotensi sebagai
wiraniaga sejati bagi perusahaan. Dalam konteks pemasaran, para
pelanggan anggota komunitas tersebut merupakan evangelist (pengkutbah)
atau advocators (penganjur) sejati. Mengapa demikian, karena mereka
secara suka rela mempromosikan dan merekomendasikan produk
perusahaaan kepada prospek atau pelanggan lain. Dalam hal ini telah
terjadi pergeseran pendekatan pemasaran, yakni bergeser dari vertical
menuju horizontal serta bergeser dari producer to consumer menuju
customer to customer (C2C), bergeser dari one to many menuju many to
many. Rekomendasi dari sesama konsumen ini mempunyai kekuatan
menjual yang jauh lebih powerful dibanding melalui para wiraniaga.
Menurut AC Nielsen (2008), kini rekomendasi pelanggan menempati urutan
pertama sebagai alat pemasaran yang efektif, mengalahkan TV, radio serta
surat kabar. Kedua, kini banyak perusahaan yang melibatkan konsumen
secara intens dalam proses bisnis, mulai dari pengembangan produk sampai
tahap penjualan. Sebagai implikasinya maka pemasar harus tune in dengan
“lanskap” pelanggan yang semakin dinamis dan demanding.
C. KEKUATAN DAHSYAT JEJARING KOMUNITAS PELANGGAN
Apa implikasinya jika pelanggan semakin terhubung dan terkoneksi satu
sama lain dalam suatu komunitas? Untuk menggambarkan hebatnya
implikasi kekuatan jejaring komunitas tersebut, ada baiknya kita mengenal
‘tiga hukum’ yang sangat terkenal, yakni Sarnoff’s Law, Metcalf’s Law dan
Reed’s Law. Sarnoff’s Law dirumuskan oleh David Sarnoff – seorang perintis
siaran radio dan televisi di Amerika. Metcalf’s Law dicetuskan oleh Robert
Metlcalf - penemu ethernet yang merupakan cikal bakal internet yang
digunakan sekarang. Sedangkan Reed’s Law dicetuskan oleh David Reed -
profesor MIT dan merupakan salah satu perintis pengembangan internet.
Menurut hukum pertama, yakni Sarnoff’s Law, nilai dari suatu siaran
sebanding dengan jumlah penontonnya. Misalnya jumlah penonton adalah
n, maka nilai yang dihasilkan juga sebesar juga n. Jika diadaptasi dalam
konteks pemasaran, maka Sarnoff’s Law itu berbunyi: “Jika Anda