Page 84 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 84

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  71


               dekonstruksi  terhadap  pendekatan  marketing    yang  bersifat  ‘vertikal’
               menjadi lebih ‘horizontal’.
                   Dalam  new  wave  marketing  tersebut,  paling  tidak  ada  dua  benang
               merah  yang  perlu  dicermati.    Pertama,    berdasarkan  kasus-kasus  di  atas
               dapat dikatakan bahwa pada dasarnya pelanggan dapat berpotensi sebagai
               wiraniaga  sejati  bagi  perusahaan.  Dalam  konteks  pemasaran,  para
               pelanggan anggota komunitas tersebut merupakan evangelist  (pengkutbah)
               atau  advocators  (penganjur)  sejati.  Mengapa  demikian,  karena  mereka
               secara  suka  rela  mempromosikan  dan  merekomendasikan  produk
               perusahaaan  kepada    prospek  atau  pelanggan  lain.    Dalam  hal  ini  telah
               terjadi  pergeseran  pendekatan  pemasaran,  yakni  bergeser  dari  vertical
               menuju  horizontal  serta  bergeser  dari  producer  to  consumer  menuju
               customer to customer  (C2C), bergeser dari one to many menuju  many to
               many.  Rekomendasi  dari  sesama  konsumen  ini  mempunyai  kekuatan
               menjual  yang  jauh  lebih  powerful  dibanding  melalui  para  wiraniaga.
               Menurut AC Nielsen (2008), kini rekomendasi pelanggan menempati urutan
               pertama sebagai alat pemasaran yang efektif, mengalahkan TV, radio serta
               surat  kabar.  Kedua,  kini      banyak  perusahaan  yang  melibatkan  konsumen
               secara intens dalam proses bisnis, mulai dari  pengembangan produk sampai
               tahap penjualan. Sebagai implikasinya maka  pemasar harus tune in dengan
               “lanskap” pelanggan yang semakin dinamis dan demanding.

               C.  KEKUATAN DAHSYAT JEJARING KOMUNITAS PELANGGAN

                   Apa implikasinya jika pelanggan semakin terhubung dan terkoneksi satu
               sama  lain  dalam  suatu  komunitas?  Untuk  menggambarkan  hebatnya
               implikasi kekuatan jejaring komunitas tersebut, ada baiknya kita mengenal
               ‘tiga hukum’ yang sangat terkenal, yakni Sarnoff’s Law, Metcalf’s Law dan
               Reed’s Law. Sarnoff’s Law  dirumuskan oleh David Sarnoff – seorang perintis
               siaran radio dan televisi di Amerika. Metcalf’s Law dicetuskan oleh Robert
               Metlcalf  -  penemu  ethernet  yang  merupakan  cikal  bakal  internet  yang
               digunakan  sekarang.  Sedangkan  Reed’s  Law  dicetuskan  oleh  David  Reed  -
               profesor MIT dan merupakan salah satu perintis pengembangan internet.
                   Menurut  hukum  pertama,  yakni  Sarnoff’s  Law,  nilai  dari  suatu  siaran
               sebanding dengan jumlah penontonnya. Misalnya jumlah penonton adalah
               n, maka   nilai  yang  dihasilkan  juga sebesar  juga n.  Jika diadaptasi dalam
               konteks  pemasaran,  maka  Sarnoff’s  Law  itu  berbunyi:  “Jika  Anda
   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89