Page 23 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 23
10 Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
yang menginspirasi siswa dan pendidik untuk mencapai pengetahuan dan
keterampilan yang dituntut oleh Abad ke-21. Sebagai suatu sistem maka
lingkungan pembelajaran Abad ke-21 harus selaras dan sinergi dengan
sistem-sistem yang:
1. Menciptakan praktik-praktik pembelajaran dimana dukungan manusia
dan lingkungan fisik akan mendukung pengajaran dan belajar sehingga
menghasilkan keterampilan Abad ke-21.
2. Mendukung komunitas pembelajaran professional yang memungkinkan
pendidik berkolaborasi, berbagi praktik baik, dan terintegrasi dengan
praktik di kelas-kelas pembelajaran Abad ke-21.
3. Memungkinkan siswa belajar pada dunia yang relevan dan riil.
4. Memungkinkan akses yang adil terhadap peralatan, teknologi, dan
sumber daya pembelajaran berkualitas.
5. Menyediakan desain arsitektur dan interior pembelajaran kelompok,
tim, dan individual.
6. Mendukung komunitas yang luas dan keterlibatan internasional dan
pembelajaran baik secara tatap muka maupun secara online.
Lingkungan semacam itu pada akhirnya memungkinkan untuk
pengembangan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
individu, karena jenis pembelajaran semacam itu dapat terjadi kapan saja
dan dimana saja, kapan dan dimana pembelajar menghendakinya. Dengan
istilah lain, pembelajaran yang menawarkan “hanya apa yang kami
butuhkan”, yaitu kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dan
keterampilan melalui strategi-strategi pembelajaran yang sangat personal
dan dapat diadaptasi oleh siswa sesuai dengan gaya dan preferensi yang
dimiliki oleh siswa yang bersangkutan.
2. Pembelajaran Abad ke-21 dan Fleksibilitas Pembelajaran
Berbagai petunjuk yang paling fundamental dalam pengembangan
sistem pembelajaran Abad ke-21 adalah desain pembelajaran fleksibel. Hal
ini karena tidak ada seorangpun yang tahu pasti atau tidak ada seorangpun
dapat memprediksi bagaimana teknologi pendidikan dan modalitas belajar
akan berkembang di masa mendatang. Sementara itu, ruang pembelajaran
harus mengadaptasi terhadap apapun perubahan yang akan terjadi di masa
mendatang. Pada sistem pendidikan konvensional, misalnya, untuk
mencapai fleksibilitas tersebut dirancang ruang-ruang kelas atau studio