Page 23 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 23

10  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


        yang  menginspirasi  siswa  dan  pendidik  untuk  mencapai  pengetahuan  dan
        keterampilan  yang  dituntut  oleh  Abad  ke-21.  Sebagai  suatu  sistem  maka
        lingkungan  pembelajaran  Abad  ke-21  harus  selaras  dan  sinergi  dengan
        sistem-sistem yang:
        1.  Menciptakan  praktik-praktik  pembelajaran  dimana  dukungan  manusia
            dan lingkungan fisik akan mendukung pengajaran dan belajar sehingga
            menghasilkan keterampilan Abad ke-21.
        2.  Mendukung komunitas pembelajaran professional yang memungkinkan
            pendidik  berkolaborasi,  berbagi  praktik  baik,  dan  terintegrasi  dengan
            praktik di kelas-kelas pembelajaran Abad ke-21.
        3.  Memungkinkan siswa belajar pada dunia yang relevan dan riil.
        4.  Memungkinkan  akses  yang  adil  terhadap  peralatan,  teknologi,  dan
            sumber daya pembelajaran berkualitas.
        5.  Menyediakan  desain  arsitektur  dan  interior  pembelajaran  kelompok,
            tim, dan individual.
        6.  Mendukung  komunitas  yang  luas  dan  keterlibatan  internasional  dan
            pembelajaran baik secara tatap muka maupun secara online.

            Lingkungan  semacam  itu  pada  akhirnya  memungkinkan  untuk
        pengembangan  pembelajaran  sesuai  dengan  kebutuhan  dan  keinginan
        individu, karena jenis pembelajaran semacam  itu dapat terjadi kapan saja
        dan dimana saja, kapan dan dimana pembelajar menghendakinya. Dengan
        istilah  lain,  pembelajaran  yang  menawarkan  “hanya  apa  yang  kami
        butuhkan”,  yaitu  kesempatan  untuk  memperoleh  pengetahuan  dan
        keterampilan  melalui  strategi-strategi  pembelajaran  yang  sangat  personal
        dan  dapat  diadaptasi  oleh  siswa  sesuai  dengan  gaya  dan  preferensi  yang
        dimiliki oleh siswa yang bersangkutan.

        2.  Pembelajaran Abad ke-21 dan Fleksibilitas Pembelajaran
            Berbagai  petunjuk  yang  paling  fundamental  dalam  pengembangan
        sistem pembelajaran Abad ke-21 adalah desain pembelajaran fleksibel. Hal
        ini karena tidak ada seorangpun yang tahu pasti atau tidak ada seorangpun
        dapat memprediksi bagaimana teknologi pendidikan dan modalitas belajar
        akan berkembang di masa mendatang. Sementara itu, ruang pembelajaran
        harus mengadaptasi terhadap apapun perubahan yang akan terjadi di masa
        mendatang.  Pada  sistem  pendidikan  konvensional,  misalnya,  untuk
        mencapai  fleksibilitas  tersebut  dirancang  ruang-ruang  kelas  atau  studio
   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28