Page 20 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 20
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 7
Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang
Memperkuat Teknologi
Yun Iswanto
PENDAHULUAN
Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti internet,
gadget, dan berbagai aplikasi komputer lain telah memberikan dampak
masif dalam berbagai bidang kehidupan manusia saat ini. Salah satu contoh
yang paling kentara misalnya, Priyatma (2016) menyebutkan bahwa internet
telah menyingkirkan tukang pos dan teller bank, sementara kasus yang
paling akhir adalah ojek dan taksi online telah mengancam ojek dan taksi
non online. Meskipun yang terancam eksistensinya dengan munculnya TIK
yang lebih maju tersebut bukan hanya perusahaan perbankan, transportasi,
dan perusahaan jasa pengiriman barang, tetapi semua pihak yang
mengambil peran sebagai perantara, seperti toko, agen, distributor, dan
guru (Priyatma, 2016). Dengan menggunakan TIK yang lebih maju
dimungkinkan terjadinya interaksi langsung yang lebih efektif dan efisien
antara produsen dengan konsumen, antara sopir taksi/ojek dengan calon
penumpang, atau antara sumber pengetahuan dengan siswa.
Dalam dunia pendidikan kemajuan TIK membawa tantangan tersendiri
bagi guru dalam proses belajar mengajar. Saat ini akses siswa kepada
teknologi digital bukan merupakan hal yang istimewa, tetapi bahkan
merupakan suatu prasyarat agar siswa dapat berpatisipasi penuh dalam
memperoleh peluang pendidikan yang berkualitas tinggi. TIK menjadi
semakin penting digunakan baik oleh guru dan siswa dalam mengakses
berbagai sumber pembelajaran yang berkualitas. TIK sebagai basis akses ke
internet digunakan oleh siswa dan guru untuk mengakses ke perpustakaan
digital; untuk menemukan dan mendaftarkan diri ke peluang pendidikan dan
pelatihan yang relevan, seperti program-program pengayaan, program
beasiswa dan yang lebih mendasar adalah untuk berpartisipasi dalam
kegiatan perkuliahan itu sendiri.
Berkaitan dengan teknologi maju, secara umum U.S. Department of
Education (2014) menyatakan bahwa alat-alat teknologi modern
memungkinkan untuk melakukan desain, produksi media, ekspresi diri,
penelitian, analisis, komunikasi, kolaborasi, dan pemrograman komputer