Page 20 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 20

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik   7


                   Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang
                                Memperkuat Teknologi

                                        Yun Iswanto

               PENDAHULUAN

                   Kemajuan  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  (TIK)  seperti  internet,
               gadget,  dan  berbagai  aplikasi  komputer  lain  telah  memberikan  dampak
               masif dalam berbagai bidang kehidupan manusia saat ini. Salah satu contoh
               yang paling kentara misalnya, Priyatma (2016) menyebutkan bahwa internet
               telah  menyingkirkan  tukang  pos  dan  teller  bank,  sementara  kasus  yang
               paling akhir adalah ojek dan taksi  online telah  mengancam ojek dan taksi
               non online. Meskipun yang terancam eksistensinya dengan munculnya TIK
               yang lebih maju tersebut bukan hanya perusahaan perbankan, transportasi,
               dan  perusahaan  jasa  pengiriman  barang,  tetapi  semua  pihak  yang
               mengambil  peran  sebagai  perantara,  seperti  toko,  agen,  distributor,  dan
               guru  (Priyatma,  2016).  Dengan  menggunakan  TIK  yang  lebih  maju
               dimungkinkan  terjadinya  interaksi  langsung  yang  lebih  efektif  dan  efisien
               antara  produsen  dengan  konsumen,  antara  sopir  taksi/ojek  dengan  calon
               penumpang, atau antara sumber pengetahuan dengan siswa.
                   Dalam dunia pendidikan kemajuan TIK membawa tantangan tersendiri
               bagi  guru  dalam  proses  belajar  mengajar.  Saat  ini  akses  siswa  kepada
               teknologi  digital  bukan  merupakan  hal  yang  istimewa,  tetapi  bahkan
               merupakan  suatu  prasyarat  agar  siswa  dapat  berpatisipasi  penuh  dalam
               memperoleh  peluang  pendidikan  yang  berkualitas  tinggi.  TIK  menjadi
               semakin  penting  digunakan  baik  oleh  guru  dan  siswa  dalam  mengakses
               berbagai sumber pembelajaran yang berkualitas. TIK sebagai basis akses ke
               internet digunakan oleh siswa dan guru untuk mengakses ke perpustakaan
               digital; untuk menemukan dan mendaftarkan diri ke peluang pendidikan dan
               pelatihan  yang  relevan,  seperti  program-program  pengayaan,  program
               beasiswa  dan  yang  lebih  mendasar  adalah  untuk  berpartisipasi  dalam
               kegiatan perkuliahan itu sendiri.
                   Berkaitan  dengan  teknologi  maju,  secara  umum  U.S.  Department  of
               Education  (2014)  menyatakan  bahwa  alat-alat  teknologi  modern
               memungkinkan  untuk  melakukan  desain,  produksi  media,  ekspresi  diri,
               penelitian,  analisis,  komunikasi,  kolaborasi,  dan  pemrograman  komputer
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25