Page 22 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 22
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 9
st
online, atau jarak jauh (Partnership For 21 Century Skills). Dengan kata lain,
lingkungan sama sekali tidak harus tempat atau lokasi, tetapi suatu sistem
dukungan yang mengorganisasi kondisi dimana seseorang dapat belajar
yang paling bagus; sistem yang mengakomodasi kebutuhan belajar unik dari
setiap pembelajar dan mendukung kebutuhan hubungan manusia yang
positif bagi efektifitas pembelajaran. Atas dasar itu, lingkungan
pembelajaran adalah terdiri atas seperangkat luas fitur yang memengaruhi
pembelajaran.
Sementara itu, menurut Warger, Serve, dan Dobbin (2009) lingkungan
merupakan bauran antara peristiwa-peristiwa yang disengaja dan yang tidak
disengaja serta yang direncanakan dan yang tidak direncanakan. Pengajaran
tradisional pada ruang-ruang kelas konvensional, misalnya, pada derajat
tertentu dapat mendukung dinamika tersebut. Pada pengajaran tradisional,
di satu sisi siswa dapat diberi tugas-tugas yang dapat menunjukkan
penguasaan siswa terhadap materi ajar, di sisi lain dapat menunjukkan pula
imajinasi dan kreativitas siswa. Pada saat ini, meskipun akses terhadap
sejumlah besar informasi dimediasi secara minimal, namun dengan dimensi
sosial yang secara substansial tersedia untuk siswa, maka siswa dapat
menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran mereka sehingga dapat
berkembang menjadi lebih luas. Menurut Warger, Serve, dan Dobbin (2009)
beberapa perubahan tersebut memang telah memperoleh penguatan dari
kajian-kajian akademik fakultas, sementara sebagian lain adalah
mencerminkan perubahan lingkungan yang dibawa oleh teknologi.
Selanjutnya, Warger, Serve, dan Dobbin (2009) menyatakan bahwa ide
tentang lingkungan pembelajaran mengundang partisipasi yang sangat luas
mencakup administrator dari berbagai level dan fungsi, fakultas, para pakar,
pustakawan, staf Teknologi Informasi (TI), perancang pembelajaran, para
teoritisi pembelajaran, dan para peneliti. Dengan demikian istilah
lingkungan pembelajaran menyiratkan banyak pemain, kekuatan, dan
interaksi sistem.
st
Berkaitan dengan pembelajaran Abad ke-21, Partnership For 21
Century Skills menyatakan bahwa lingkungan pembelajaran Abad ke-21
merupakan sistem pendukung yang mengorganisasi kondisi terbaik dimana
manusia dapat belajar; sistem yang mengakomodasi kebutuhan belajar
spesifik dari masing-masing pembelajar dan mendukung hubungan positif
manusia yang diperlukan bagi pembelajaran efektif. Lebih lanjut dinyatakan
bahwa lingkungan pembelajaran adalah struktur, peralatan, dan komunitas