Page 22 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 22

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik   9


                                                  st
               online, atau jarak jauh (Partnership For 21  Century Skills). Dengan kata lain,
               lingkungan sama sekali tidak harus tempat atau lokasi, tetapi suatu sistem
               dukungan  yang  mengorganisasi  kondisi  dimana  seseorang  dapat  belajar
               yang paling bagus; sistem yang mengakomodasi kebutuhan belajar unik dari
               setiap  pembelajar  dan  mendukung  kebutuhan  hubungan  manusia  yang
               positif  bagi  efektifitas  pembelajaran.  Atas  dasar  itu,  lingkungan
               pembelajaran adalah terdiri atas seperangkat luas fitur yang memengaruhi
               pembelajaran.
                   Sementara itu, menurut Warger, Serve, dan Dobbin (2009) lingkungan
               merupakan bauran antara peristiwa-peristiwa yang disengaja dan yang tidak
               disengaja serta yang direncanakan dan yang tidak direncanakan. Pengajaran
               tradisional  pada  ruang-ruang  kelas  konvensional,  misalnya,  pada  derajat
               tertentu dapat mendukung dinamika tersebut. Pada pengajaran tradisional,
               di  satu  sisi  siswa  dapat  diberi  tugas-tugas  yang  dapat  menunjukkan
               penguasaan siswa terhadap materi ajar, di sisi lain dapat menunjukkan pula
               imajinasi  dan  kreativitas  siswa.  Pada  saat  ini,  meskipun  akses  terhadap
               sejumlah besar informasi dimediasi secara minimal, namun dengan dimensi
               sosial  yang  secara  substansial  tersedia  untuk  siswa,  maka  siswa  dapat
               menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran mereka sehingga dapat
               berkembang menjadi lebih luas. Menurut Warger, Serve, dan Dobbin (2009)
               beberapa perubahan tersebut memang telah memperoleh penguatan dari
               kajian-kajian  akademik  fakultas,  sementara  sebagian  lain  adalah
               mencerminkan  perubahan  lingkungan  yang  dibawa  oleh  teknologi.
               Selanjutnya,  Warger,  Serve,  dan  Dobbin  (2009)  menyatakan  bahwa  ide
               tentang lingkungan pembelajaran mengundang partisipasi yang sangat luas
               mencakup administrator dari berbagai level dan fungsi, fakultas, para pakar,
               pustakawan,  staf  Teknologi  Informasi  (TI),  perancang  pembelajaran,  para
               teoritisi  pembelajaran,  dan  para  peneliti.  Dengan  demikian  istilah
               lingkungan  pembelajaran  menyiratkan  banyak  pemain,  kekuatan,  dan
               interaksi sistem.
                                                                             st
                   Berkaitan  dengan  pembelajaran  Abad  ke-21,  Partnership  For  21
               Century  Skills  menyatakan  bahwa  lingkungan  pembelajaran  Abad  ke-21
               merupakan sistem pendukung yang mengorganisasi kondisi terbaik dimana
               manusia  dapat  belajar;  sistem  yang  mengakomodasi  kebutuhan  belajar
               spesifik  dari  masing-masing  pembelajar  dan  mendukung  hubungan  positif
               manusia yang diperlukan bagi pembelajaran efektif. Lebih lanjut dinyatakan
               bahwa lingkungan pembelajaran adalah struktur, peralatan, dan komunitas
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27