Page 21 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 21
8 Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
yang biasa dilakukan di berbagai profesi dan disiplin ilmu serta yang tidak
kalah penting fasilitas teknologi maju menjadi bagian yang sangat penting
untuk siap melaksanakan perkuliahan/pembelajaran dan berkarir.
Berinteraksi dengan lingkungan belajar digital akan mendukung
pengembangan keterampilan belajar yang lebih mendalam, seperti
pemecahan masalah, berpikir kritis, dan penyelidikan. Disamping itu, tujuan
pencapaian peningkatan pendidikan dan peningkatan partisipasi dalam
pembelajaran ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematik akan
sulit dicapai tanpa terintegrasi dengan penggunaan teknologi.
Meskipun kemajuan TIK pada saat ini telah diakui kemanfaatannya
dalam memajukan dunia pendidikan, namun respon terhadap penggunaan
kemajuan TIK dalam proses belajar mengajar dinilai masih lambat.
Kebanyakan program untuk menghadapi tantangan tersebut terbatas hanya
tergantung pada suatu mata pelajaran yang memanfaatkan teknologi
(Wedman & Diggs, 2001), dibanding dengan menciptakan lingkungan
pembelajaran baik aktual maupun virtual dimana teknologi dapat
berkembang dan integral dengan proses pembelajaran.
Makalah singkat ini akan membahas tentang bagaimana menciptakan
lingkungan pembelajaran yang memperkuat teknologi (termasuk beberapa
hambatan yang dihadapi), khususnya teknologi informasi dan komunikasi
dengan mempertimbangkan lingkungan pembelajar Abad ke-21 sebagai
abad millenium.
A. LINGKUNGAN PEMBELAJARAN MASA DEPAN
1. Pengertian Lingkungan dan Lingkungan Pembelajaran Abad ke-21
Sebelum membahas lebih jauh tentang lingkungan pembelajaran Abad
ke-21 terlebih dahulu akan dijelaskan pengertian lingkungan dan lingkungan
pembelajaran. Pada umumnya lingkungan dinyatakan sebagai tempat atau
ruang, seperti sekolah, kelas, atau perpustakaan, karena pada umumnya
pembelajaran berlangsung dengan mengambil tempat fisik seperti itu. Saat
ini pengertian lingkungan pembelajaran telah berubah. Warger, Serve, dan
Dobbin (2009) mendefinisikan lingkungan sebagai totalitas kondisi atau
keadaan sekeliling dimana seseorang hidup atau sesuatu berfungsi.
Pengertian lingkungan disini dapat meliputi ruang nyata ataupun ruang
virtual. Hal ini karena dunia pada saat ini saling terhubung dan digerakkan
oleh teknologi, sehingga lingkungan pembelajaran dapat secara virtual,