Page 21 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 21

8  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


        yang biasa dilakukan di berbagai profesi dan disiplin ilmu serta yang tidak
        kalah penting fasilitas teknologi maju menjadi bagian yang sangat penting
        untuk  siap  melaksanakan  perkuliahan/pembelajaran  dan  berkarir.
        Berinteraksi  dengan  lingkungan  belajar  digital  akan  mendukung
        pengembangan  keterampilan  belajar  yang  lebih  mendalam,  seperti
        pemecahan masalah, berpikir kritis, dan penyelidikan. Disamping itu, tujuan
        pencapaian  peningkatan  pendidikan  dan  peningkatan  partisipasi  dalam
        pembelajaran  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  teknik,  dan  matematik  akan
        sulit dicapai tanpa terintegrasi dengan penggunaan teknologi.
            Meskipun  kemajuan  TIK  pada  saat  ini  telah  diakui  kemanfaatannya
        dalam memajukan dunia pendidikan, namun respon terhadap penggunaan
        kemajuan  TIK  dalam  proses  belajar  mengajar  dinilai  masih  lambat.
        Kebanyakan program untuk menghadapi tantangan tersebut terbatas hanya
        tergantung  pada  suatu  mata  pelajaran  yang  memanfaatkan  teknologi
        (Wedman  &  Diggs,  2001),  dibanding  dengan  menciptakan  lingkungan
        pembelajaran  baik  aktual  maupun  virtual  dimana  teknologi  dapat
        berkembang dan integral dengan proses pembelajaran.
            Makalah  singkat  ini  akan  membahas  tentang  bagaimana  menciptakan
        lingkungan pembelajaran yang memperkuat teknologi (termasuk beberapa
        hambatan  yang  dihadapi),  khususnya  teknologi  informasi  dan  komunikasi
        dengan  mempertimbangkan  lingkungan  pembelajar  Abad  ke-21  sebagai
        abad millenium.

        A.  LINGKUNGAN PEMBELAJARAN MASA DEPAN

        1.  Pengertian Lingkungan dan Lingkungan Pembelajaran Abad ke-21
            Sebelum membahas lebih jauh tentang lingkungan pembelajaran Abad
        ke-21 terlebih dahulu akan dijelaskan pengertian lingkungan dan lingkungan
        pembelajaran. Pada umumnya lingkungan dinyatakan sebagai tempat atau
        ruang,  seperti  sekolah,  kelas,  atau  perpustakaan,  karena  pada  umumnya
        pembelajaran berlangsung dengan mengambil tempat fisik seperti itu. Saat
        ini pengertian lingkungan pembelajaran telah berubah. Warger, Serve, dan
        Dobbin  (2009)  mendefinisikan  lingkungan  sebagai  totalitas  kondisi  atau
        keadaan  sekeliling  dimana  seseorang  hidup  atau  sesuatu  berfungsi.
        Pengertian  lingkungan  disini  dapat  meliputi  ruang  nyata  ataupun  ruang
        virtual. Hal ini karena dunia pada saat ini saling terhubung dan digerakkan
        oleh  teknologi,  sehingga  lingkungan  pembelajaran  dapat  secara  virtual,
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26