Page 16 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 16
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 3
UT memiliki jangkauan luas bagi seluruh warga Indonesia, baik di dalam
maupun di luar negeri serta mempunyai potensi besar dalam meningkatkan
participation rate. Analisis pola spacial dengan Geographic Information
System (GIS) dapat digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi daerah-
daerah potensial yang dapat menjadi target market. GIS merupakan sistem
informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah dan
menyimpan data atau informasi geografis. GIS mempunyai kemampuan
untuk menghubungkan berbagai data pada suatu titik tertentu di bumi,
menggabungkannya, menganalisa dan akhirnya memetakan hasilnya.
Tulisan Arief Rahman dan Etty Puji Lestari yang berjudul “Strategi
Peningkatan Jumlah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka
dengan Pendekatan Geographic Information System” memberikan
meaningful insight adanya potensi pasar yang potensial untuk incoming
student di wilayah Indonesia bagian Timur dan Tengah. Penulis
merekomendasikan perlunya mengoptimalkan sosialisasi dan promosi agar
dapat membangun awareness dan interest calon mahasiswa.
Agar tetap relevan di era digital ini, institusi pendidikan tinggi dituntut
untuk secara aktif mengembangkan keunggulan kompetitif yang mampu
menjawab berbagai permasalahan. Keunggulan UT menawarkan pendidikan
terbuka dan jarak jauh semakin dapat diperkokoh dengan perkembangan IT
yang semakin pesat. UT melalui e-learning dapat menawarkan konsep
belajar mengajar berbasis online yang membawa pengaruh terjadinya
proses transformasi pendidikan konvensional kedalam bentuk digital baik
secara contents dan system. Praktek baik (best practice) e-learning UT
mengenai pemanfaatan dry lab, pemanfaatan Open Education Resources
(OER); tutorial online, dan MOOCs diulas secara mendalam pada buku ini.
Praktik baik e-learning dapat memberikan masukan bagi policy maker untuk
memberikan layanan yang semakin berkualitas. Berikut adalah tulisan
berdasarkan informasi factual mengenai best practice e-learning:
1. “Pemanfaatan Dry Lab Sebagai penunjang Pembelajaran Mata Kuliah
Berpraktikum pada Program Studi Akuntansi-UT” yang ditulis oleh Irma,
dapat memberikan solusi permasalahan pada Praktikum Tatap Muka
(PTM) dan Praktikum Online (PRATON). Program dry lab sebagai
penunjang pembelajaran mata kuliah berpraktikum dapat membantu
mahasiswa dalam berpraktikum seperti yang praktikum sesungguhnya
(real practicum).