Page 16 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 16

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik   3


                   UT memiliki jangkauan luas bagi seluruh warga Indonesia, baik di dalam
               maupun di luar negeri serta mempunyai potensi besar dalam meningkatkan
               participation  rate.  Analisis  pola  spacial  dengan  Geographic  Information
               System (GIS) dapat digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi daerah-
               daerah potensial yang dapat menjadi target market. GIS merupakan sistem
               informasi  berbasis  komputer  yang  digunakan  untuk  mengolah  dan
               menyimpan  data  atau  informasi  geografis.  GIS  mempunyai  kemampuan
               untuk  menghubungkan  berbagai  data  pada  suatu  titik  tertentu  di  bumi,
               menggabungkannya,  menganalisa  dan  akhirnya  memetakan  hasilnya.
               Tulisan  Arief  Rahman  dan  Etty  Puji  Lestari  yang  berjudul  “Strategi
               Peningkatan  Jumlah  Mahasiswa  Fakultas  Ekonomi  Universitas  Terbuka
               dengan  Pendekatan  Geographic  Information  System”  memberikan
               meaningful  insight  adanya  potensi  pasar  yang  potensial  untuk  incoming
               student  di  wilayah  Indonesia  bagian  Timur  dan  Tengah.  Penulis
               merekomendasikan perlunya mengoptimalkan sosialisasi dan promosi agar
               dapat membangun awareness dan interest calon mahasiswa.
                   Agar tetap relevan di era digital ini, institusi pendidikan tinggi dituntut
               untuk  secara  aktif  mengembangkan  keunggulan  kompetitif  yang  mampu
               menjawab berbagai permasalahan. Keunggulan UT menawarkan pendidikan
               terbuka dan jarak jauh semakin dapat diperkokoh dengan perkembangan IT
               yang  semakin  pesat.  UT  melalui  e-learning  dapat  menawarkan  konsep
               belajar  mengajar  berbasis  online  yang  membawa  pengaruh  terjadinya
               proses  transformasi  pendidikan  konvensional  kedalam  bentuk  digital  baik
               secara  contents  dan  system.  Praktek  baik  (best  practice)  e-learning  UT
               mengenai  pemanfaatan  dry  lab,  pemanfaatan  Open  Education  Resources
               (OER); tutorial online, dan MOOCs diulas secara mendalam pada buku ini.
               Praktik baik e-learning dapat memberikan masukan bagi policy maker untuk
               memberikan  layanan  yang  semakin  berkualitas.  Berikut  adalah  tulisan
               berdasarkan informasi factual mengenai best practice e-learning:
               1.  “Pemanfaatan  Dry  Lab  Sebagai  penunjang  Pembelajaran  Mata  Kuliah
                   Berpraktikum pada Program Studi Akuntansi-UT” yang ditulis oleh Irma,
                   dapat  memberikan  solusi  permasalahan  pada  Praktikum  Tatap  Muka
                   (PTM)  dan  Praktikum  Online  (PRATON).  Program  dry  lab  sebagai
                   penunjang  pembelajaran  mata  kuliah  berpraktikum  dapat  membantu
                   mahasiswa dalam berpraktikum seperti yang praktikum sesungguhnya
                   (real practicum).
   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21