Page 14 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 14
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 1
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital:
Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
Editorial
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam segala
aspeknya mendorong institusi pendidikan tinggi melakukan langkah-langkah
strategis agar dapat mempertahankan keunggulannya. Untuk itu perlu
dikembangkan pemikiran baik secara conceptual dan permodelan yang
dapat menghasilkan framework agar dapat mengembangkan strategi dan
taktik yang mencakup: 1) proses pembelajaran: menggunakan e-learning;
2) komunikasi: memanfaatkan media online; dan 3) pengambilan keputusan
yang outward looking mengoptimalkan collaborative network.
Di era digital peran teknologi informasi sangat besar mendukung proses
belajar mengajar. Memahami lingkungan pembelajaran menjadi penting
karena dengan memanfaatkan advanced technology information maka
keterbatasan dalam proses pembelajaran menjadi tidak terbatas
(unbounded learning). Isu ini oleh Yun Iswanto dikupas secara gamblang
melalui tulisan yang berjudul “Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang
Memperkuat Teknologi”. Intinya, untuk dapat memperkuat teknologi perlu
didukung lingkungan pembelajaran yang kondusif, yaitu: 1) adanya struktur
insentif dan motivasi yang mendorong fakultas melakukan investasi yang
diperlukan; 2) upaya terkoordinasi dari berbagai level organisasi;
3) partisipasi dan kepemimpinan dari berbagai unsur seperti bagian
akademik fakultas, perancang pembelajaran, para pakar teknologi,
mahasiswa/peserta didik, dosen senior, dan pustakawan.
Di era digital, institusi pendidikan tinggi berpeluang memanfaatkan
derasnya arus informasi untuk memperkaya referensi dan inspirasi menjadi
entrepreneurial university agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan
resources seperti: transfer teknologi, patent, licensing, riset yang inovatif
dan implementatif. Ginta Ginting dalam tulisannya berjudul “Entrepreneurial
University Menjadi Alternatif Pilihan Institusi Pendidikan Tinggi Menghadapi
Persaingan Di Era Digital: Permodelan Penciptaan Public Value”,
mengajukan konseptual model yang dapat dijadikan framework penelitian
empiris di masa depan. Permodelan menggunakan empat determinan
penting yaitu public value, entrepreneurial orientation, learning orientation