Page 57 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 57
41
Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
2. Pengajar harus menganalisis pengalaman belajar
peserta didik menjadi kegiatan-kegiatan kecil dan
setiap kegiatan kecil tersebut disertai latihan dan
umpan balik terhadap hasilnya.
Prinsip Kedelapan, materi belajar disusun jangan
terlalu komplek, disusun menjadi kegiatan-kegiatan kecil,
hal ini dapat dilakukan jika materi belajar diwujudkan dalam
satu model. Implikasi terhadap teknologi instruksional
adalah penggunaan media dan metode instruksional yang
dapat menggambarkan materi yang kompleks kepada
peserta didik, seperti model, realitas (benda sebenarnya),
film, program televisi, program video, drama, demonstrasi,
dll.
Prinsip Kesembilan, keterampilan memecahkan
masalah adalah keterampilan tingkat tinggi merupakan
prilaku kompleks yang terbentuk dari komposisi
keterampilan dasar yang lebih sederhana. Implikasinya
terhadap teknologi instruksional adalah, 1.Tujuan
instruksional umum harus dirumuskan dalam bentuk hasil
belajar yang operasional agar dapat dianalisis menjadi
tujuan-tujuan yang lebih khusus, 2.Model yang digunakan
harus didesain sejalan dengan hasil analisis tersebut di atas
agar dapat menggambarkan secara jelas komponen-
komponen yang termasuk dalam prilaku yang kompleks itu.
Prinsip Kesepuluh, belajar akan lebih cenderung
menjadi cepat dan efisien serta menyenangkan bila peserta
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN