Page 62 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 62
46 Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
terjadi di dunia nyata, dimana tiga komponen yaitu: peserta
didik, pengguna lulusan dan masyarakat terlibat didalam
menyusun kurikulum tersebut.
Rangkuman
Konsep dasar teknologi pendidikan dilihat dari sejarah
perkembangannya secara terus menerus berubah. Penggunaan
istilah teknologi pendidikan dan teknologi instruksional
dipergunakan saling bergantian. Jika disimpulkan teknologi
pendidikan dapat dikatakan merupakan suatu disiplin ilmu
terapan yang berkembang, karena adanya kebutuhan di
lapangan. Pada umumnya, kebutuhan utama dilapangan adalah
masalah belajar yang menjadi kebutuhan induvidu, masyarakat
yang merupakan masalah masa depan bangsa. Untuk memenuhi
kebutuhan tersebut, agar semua warga dapat belajar mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta
membangun masyarakat berpengetahuan.
Teknologi pendidikan sangat berperan dengan sistem
belajar yang inovatif dan kreatif termasuk dalam pengembangan
kurikulum, teknologi pendidikan memiliki peran yang sangat
besar karena teknologi pendidikan berfungsi bagaimana
merancang, menyusun, dan mengembangkan materi bahan
ajar. Pengembangan materi bahan ajar, berlandasan desain
instruksional dan pendekatan instruksional yang merupakan
bagian dari teknologi pendidikan. Teknologi pendidikan berperan
mengembangkan kurikulum menjadi sumber yang menentukan
strategi pembelajaran dengan menempatkan pengajar tidak
hanya sebagai pelaksana, namun sebagai perekayasa dalam
kegiatan instruksional.
PROFIL GURU MASA DEPAN