Page 61 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 61

Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
                                                                           45

               perancang  pembelajaran  harus  memperhatikan  potensi,
               kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
               Karena kegiatan instruksional berpusat pada potensi peserta
               didik  agar  kompetensinya  berkembang  menuju  pencapaian

               tujuan  pendidikan.  Selanjutnya,  masukan  dari  pengajar,
               pengelola pembelajaran perlu diperhatikan. Hasil analisis  dari
               tiga  komponen  yang  disebut  di  atas,  dirangkum  menjadi

               serangkaian  kebutuhan  sebagai  bahan  masukan  untuk
               merancang kurikulum.

                     Sejalan  pendapat  tersebut,  menurut  model  kurikulum
               yang    berlandaskan    konseptual   dalam    pelaksanaanya
               menerapkan  beberapa  prinsip,  salah  satu  diantara  prinsip

               tersebut  adalah  menghendaki  agar  peserta  didik  dilibatkan
               dalam menentukan materi pembelajaran yang mereka pelajari
               dan ada relevansinya dengan pengalaman  hidup  mereka.  Hal
               ini  memberikan  kesempatan  kepada  peserta  didik  untuk

               menentukan isi dan arah belajar mereka sendiri, sesuai dengan
               pembelajaran konstekstual. Inti dari pembelajaran konstektual,
               adalah  memahami  relevansi  materi  pembelajaran  yang
               dipelajarinya,  sehingga  konsep  pembelajaran  yang  diterima

               dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata sehari- hari. Disisi
               lain,  menurut  Depdiknas  (2004),  peserta  didik  akan  belajar
               dengan  baik,  jika  yang  dipelajarinya  terkait  dengan  yang
               terjadi  disekelilingnya,  dan  mengaitkan  antara  materi
               pembelajaran yang diajarkan sesuai dengan dunia nyata. Pada

               prinsipnya  kegiatan  instruksional  kontekstual  yang  menjadi
               dasar dari teknologi pendidikan dalam menyusun kurikulum
               mengutamakan pada pengetahuan dan pengalaman yang

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66