Page 56 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 56

40       Konsep Dasar Teknologi Pendidikan

           teknologi  instruksional  adalah  pemberian  kegiatan
           instruksional kepada peserta didik mirip dengan dunia nyata,
           yaitu lingkungan hidup peserta didik di luar ruangan kelas.

           Penyajian isi pelajaran perlu diperkaya dengan penggunaan
           berbagai contoh penerapan mengenai apa yang dipelajarinya
           dalam kehidupan nyata.

                 Prinsip  Kelima,  belajar  menggeneralisasi  dan

           membedakan adalah dasar untuk mempelajari sesuatu yang
           kompleks  seperti  pemecahan  masalah.  Dalam  kegiatan
           instruksional,  contoh  positif  dan  contoh  negatif  perlu
           diberikan  dan  dijelaskan  secara  luas.Untuk  menjelaskan

           prilaku yang baik menurut norma-norma yang berlaku, guru
           harus  pula  memberikan  penjelasan  tentang  contoh-contoh
           prilaku yang bertentangan dengan norma tersebut.

                 Prinsip Keenam, secara psikologis peserta didik dalam

           mengikuti  kegiatan  instruksional  harus  konsentrasi  penuh
           agar  mempengaruhi  perhatian.Implikasi  prinsip  keenam
           terhadap kegiatan teknologi instruksional adalah pentingnya
           menarik  perhatian  peserta  didik  agar  dapat  mempelajari
           materi pelajaran dengan baik.


                 Prinsip  Ketujuh,  kegiatan  instruksional  yang  dibagi
           menjadi  langkah-langkah  kecil  dan  disertai  umpan  balik
           untuk  penyelesaian  setiap  langkah  akan  membantu
           sebahagian  besar  peserta  didik.  Implikasinya  terhadap

           teknologi instruksional adalah,
            1.  Penggunaan buku teks terprogram (programmed texts
                 atau programmed instructions)

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61