Page 56 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 56
40 Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
teknologi instruksional adalah pemberian kegiatan
instruksional kepada peserta didik mirip dengan dunia nyata,
yaitu lingkungan hidup peserta didik di luar ruangan kelas.
Penyajian isi pelajaran perlu diperkaya dengan penggunaan
berbagai contoh penerapan mengenai apa yang dipelajarinya
dalam kehidupan nyata.
Prinsip Kelima, belajar menggeneralisasi dan
membedakan adalah dasar untuk mempelajari sesuatu yang
kompleks seperti pemecahan masalah. Dalam kegiatan
instruksional, contoh positif dan contoh negatif perlu
diberikan dan dijelaskan secara luas.Untuk menjelaskan
prilaku yang baik menurut norma-norma yang berlaku, guru
harus pula memberikan penjelasan tentang contoh-contoh
prilaku yang bertentangan dengan norma tersebut.
Prinsip Keenam, secara psikologis peserta didik dalam
mengikuti kegiatan instruksional harus konsentrasi penuh
agar mempengaruhi perhatian.Implikasi prinsip keenam
terhadap kegiatan teknologi instruksional adalah pentingnya
menarik perhatian peserta didik agar dapat mempelajari
materi pelajaran dengan baik.
Prinsip Ketujuh, kegiatan instruksional yang dibagi
menjadi langkah-langkah kecil dan disertai umpan balik
untuk penyelesaian setiap langkah akan membantu
sebahagian besar peserta didik. Implikasinya terhadap
teknologi instruksional adalah,
1. Penggunaan buku teks terprogram (programmed texts
atau programmed instructions)
PROFIL GURU MASA DEPAN