Page 52 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 52
36 Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
Disisi lain, teknologi pendidikan menerapkan teori-
teori instruksional dan pendekatan instruksional berbasis
TIK. Jelaslah, dan dapat disimpulkan bahwa dalam relevansi
pendidikan, teknologi pendidikan memegang peran yang
cukup penting. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa
relevansi pendidikan, melalui pemanfaatan TIK dalam
kegiatan instruksional merupakan kontribusi yang sangat
besar bagi perkembangan konsep teknologi pendidikan, dan
hal ini tidak dapat dimungkiri oleh siapapun.
Kurikulum dan Teknologi Instruksional
Masalah kurikulum berkaitan erat dengan kompetensi
kelulusan peserta didik dan tuntutan dunia kerja. Karena itu,
perlu dilakukan penyesuaian kurikulum pendidikan dengan
tuntutan dunia kerja, agar peserta didik setelah lulus dapat
dipekerjakan, atau siap pakai. Kurikulum sebagai pedoman
dalam menyajikan materi pelajaran yang diberikan kepada
peserta didik, perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi (IPTEK), dan perkembangan TIK. Penerapan TIK
dalam kegiatan instruksional menjadi bagian yang tidak
terpisahkan dari teknologi pendidikan dan sangat berkaitan
erat dengan kurikulum yang digunakan peserta didik.
Menurut Munir (2008), kurikulum dan teknologi
pendidikan saling melengkapi, teknologi pendidikan
berfungsi memperkuat pengembangan kurikulum, dan
bagaimana kurikulum dikembangkan itu menjadi fungsi
teknologi pendidikan. Pada pengembangan kurikulum,
teknologipendidikanmemilikiperanyang sangat besarkarena
PROFIL GURU MASA DEPAN