Page 52 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 52

36       Konsep Dasar Teknologi Pendidikan

                 Disisi  lain,  teknologi  pendidikan  menerapkan  teori-
           teori  instruksional  dan  pendekatan  instruksional  berbasis
           TIK. Jelaslah, dan dapat disimpulkan bahwa dalam relevansi

           pendidikan,  teknologi  pendidikan  memegang  peran  yang
           cukup  penting.  Oleh  karena  itu,  dapat  dikatakan  bahwa
           relevansi  pendidikan,  melalui  pemanfaatan  TIK  dalam

           kegiatan  instruksional  merupakan  kontribusi  yang  sangat
           besar bagi perkembangan konsep teknologi pendidikan, dan
           hal ini tidak dapat dimungkiri oleh siapapun.

           Kurikulum dan Teknologi Instruksional

                 Masalah kurikulum berkaitan erat dengan kompetensi
           kelulusan peserta didik dan tuntutan dunia kerja. Karena itu,

           perlu dilakukan penyesuaian kurikulum pendidikan dengan
           tuntutan dunia kerja, agar peserta didik setelah lulus dapat
           dipekerjakan, atau siap pakai. Kurikulum sebagai pedoman
           dalam menyajikan materi pelajaran yang diberikan  kepada
           peserta  didik,  perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan

           teknologi (IPTEK), dan perkembangan TIK. Penerapan TIK
           dalam  kegiatan  instruksional  menjadi  bagian  yang  tidak
           terpisahkan dari teknologi pendidikan dan sangat berkaitan

           erat dengan kurikulum yang digunakan peserta didik.
                 Menurut  Munir  (2008),  kurikulum  dan  teknologi
           pendidikan  saling  melengkapi,  teknologi  pendidikan
           berfungsi  memperkuat  pengembangan  kurikulum,  dan
           bagaimana  kurikulum  dikembangkan  itu  menjadi  fungsi

           teknologi  pendidikan.  Pada  pengembangan  kurikulum,
           teknologipendidikanmemilikiperanyang sangat besarkarena

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57