Page 53 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 53
37
Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
teknologi pendidikan berfungsi merancang, menyusun,
dan mengembangkan kurikulum menjadi sumber yang
menentukan strategi pembelajaran dengan menempatkan
pengajar tidak hanya sebagai pelaksana, namun sebagai
perekayasa dalam kegiatan instruksional.
Bagaimana cara belajar, dan bagaimana kegiatan
instruksionalnya sehingga peserta didik memperoleh hasil
belajar yang maksimal adalah suatu proses yang
memerlukan bidang kajian ilmiah yang sistimatis dan
rasional. Bagaimana kurikulum itu diberikan kepada peserta
didik, serta bagaimana peserta didik mempelajarinya adalah
merupakan kajian dalam bidang teknologi pendidikan.
Tugas teknologi pendidikan dalam merancang, menyusun
dan mengembangkan kurikulum perlu dikemas sedemikian
rupa melalui TIK agar mampu menarik dan memotivasi
peserta didik untuk belajar, sehingga tujuan pembelajaran
yang sudah ditentukan dapat tercapai.
Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang
sepanjang zaman. Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi membawa pengaruh terhadap perkembangan pola
pemikiran manusia, dan lingkungan hidup masyarakat.
Begitu juga halnya dengan perkembangan kegiatan
instruksional dan prinsip dasar kurikulum. Setiap
perkembangan kegiatan instruksional harus sejalan dengan
prinsip dasar kurikulum. Kondisi ini membawa pengaruh
terhadap fungsi pendidikan, karena pendidikan adalah usaha
untuk mempersiapkan peserta didik beradaptasi dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN