Page 50 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 50

34       Konsep Dasar Teknologi Pendidikan

           karena  tidak  relevannya  keluaran  lulusan  dengan  dunia
           kerja yang ada. Walaupun tidak diketahui dengan pasti apa
           sebab  sebenarnya  mereka  mengganggur,  karena  belum

           banyaknya data yang menjelaskan tentang masalah ini. Oleh
           karena itu, peran teknologi pendidikan untuk membangun
           relevansi  pendidikan  masih  sangat  diperlukan,  terutama

           dalam  menghadapi  persaingan  global  dan  ketidakpastian
           masa  depan  masyarakat  Indonesia  menuju  masyarakat
           berbasis ilmu pengetahuan.

                 Esensi  dan  relevansi  adalah  upaya  menciptakan
           keterkaitan  dan  kesepadanan  antara  pendidikan  dan

           pembangunan, atau dengan kata lain, kesesuaian/keabsahan
           apa  yang  diajarkan  oleh  sekolah  dengan  kebutuhan  dan
           kepentingan peserta didik dan masyarakat. Seseorang yang
           sudah  lulus  dari  sebuah  Perguruan  Tinggi,  seharusnya

           sudah memperoleh pengetahuan yang cukup dan kompeten
           dalam bidangnya, sehinggga ia dapat bekerja sesuai dengan
           kompetensi yang dimilikinya. Kompetensi yang Ia peroleh
           dari Perguruan Tinggi tersebut, sudah relevan dengan dunia

           dimana Ia bekerja. Walaupun tidak diketahui dengan pasti
           apa sebab sebenarnya mereka menganggur, karena belum
           banyaknya  data  yang  menjelaskan  tentang  masalah  ini.
           Relevansi  pendidikan  ditentukan  oleh    keterlibatan    tiga
           mitra  yaitu,  pengguna  lulusan,  penyelenggara  pendidikan

           dan  peserta  atau  lulusan  yang  sudah  bekerja  dalam
           bidangnya.  Mereka  adalah  segitiga  pengaman  yang
           mewakili  pemangku  kepentingan  dalam  menentukan

           tingkat relevansi pendidikan.
           PROFIL GURU MASA DEPAN
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55