Page 45 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 45
29
Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
Dari sejumlah istilah penting tersebut, teknologi
pendidikan dapat dimaknai sebagai sebuah studi dan praktik
etis yang berupaya untuk membantu memudahkan
berlangsungnya kegiatan instruksional dan perbaikan kinerja
melalui penciptaan, penggunaan, pengelolaan, proses,
teknologi, dan sumber daya yang sesuai.
Selanjutnya Pribadi (2010), mengemukakan, penelitian
dan studi dalam teknologi pendidikan dilakukan dengan tujuan
untuk mencari gagasan baru, solusi terhadap masalah praktis,
dan implementasi teknologi pendidikan dalam berbagai
jenjang dan satuan pendidikan.
Dengan demikian, pemanfaatan teknologi dalam
kegiatan instruksional memberikan pengaruh yang cukup
berarti dengan adanya pembaharuan dalam berbagai aspek
pendidikan, seperti model instruksional, metode instruksional,
strategi instruksional dan media instruksional yang sesuai
dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.
Sejalan dengan pendapat tersebut, Suparman, dkk (2010)
mengatakan teknologi pendidikan dikenal sebagai cara-cara
yang sistemik dan sistimatik dalam memecahkan masalah
instruksional secara efektif dan efisien. Di dalamnya ada
beberapa pengertian: Pertama, teknologi pendidikan
menawarkan berbagai cara, bukan hanya satu cara. Kedua,
teknologi pendidikan menawarkan cara yang sistemik
(bersistem) bukan parsial, tetapi menyeluruh dan integratif
dengan melibatkan semua komponen instruksional. Ketiga,
teknologi pendidikan menawarkan cara yang runtut atau
sistematik, tidak acak-acakan. Keempat, teknologi pendidikan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN