Page 45 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 45

29
                                         Konsep Dasar Teknologi Pendidikan

                     Dari  sejumlah  istilah  penting  tersebut,  teknologi
               pendidikan dapat dimaknai sebagai  sebuah  studi  dan  praktik
               etis  yang  berupaya  untuk  membantu  memudahkan
               berlangsungnya kegiatan instruksional dan perbaikan  kinerja
               melalui  penciptaan,  penggunaan,  pengelolaan,  proses,
               teknologi, dan sumber daya yang sesuai.

                     Selanjutnya Pribadi (2010), mengemukakan, penelitian
               dan studi dalam teknologi pendidikan dilakukan dengan tujuan
               untuk mencari gagasan baru, solusi terhadap masalah praktis,
               dan  implementasi  teknologi  pendidikan  dalam  berbagai
               jenjang dan satuan pendidikan.

                     Dengan  demikian,  pemanfaatan  teknologi  dalam
               kegiatan  instruksional  memberikan  pengaruh  yang  cukup
               berarti  dengan  adanya  pembaharuan  dalam  berbagai  aspek
               pendidikan, seperti model instruksional, metode instruksional,
               strategi  instruksional  dan  media  instruksional  yang  sesuai
               dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

                     Sejalan dengan pendapat tersebut, Suparman, dkk (2010)
               mengatakan  teknologi  pendidikan  dikenal  sebagai  cara-cara
               yang  sistemik  dan  sistimatik  dalam  memecahkan  masalah
               instruksional  secara  efektif  dan  efisien.  Di  dalamnya  ada
               beberapa  pengertian:  Pertama,  teknologi  pendidikan
               menawarkan  berbagai  cara,  bukan  hanya  satu  cara.  Kedua,
               teknologi  pendidikan  menawarkan  cara  yang  sistemik
               (bersistem)  bukan  parsial,  tetapi  menyeluruh  dan  integratif
               dengan  melibatkan  semua  komponen  instruksional.  Ketiga,
               teknologi  pendidikan  menawarkan  cara  yang  runtut  atau
               sistematik, tidak acak-acakan. Keempat, teknologi pendidikan


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50