Page 44 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 44
28 Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
pengembangan kurikulum berlandaskan desain instruksional
dan pendekatan konstektual dan penerapan teori-teori
instruksional dan pendekatan instruksional yang merupakan
bagian dari tekonologi pendidikan.
Sementara peran teknologi pendidikan berbasis TIK
dalam kegiatan instruksional sangatlah besar dan dominan. Hal
ini disebabkan karena kawasan dari teknologi instruksional
memerlukan teknologi untuk menjangkau warga belajar
dimanapun mereka berada, karena belajar tidak selalu terjadi
diruang belajar. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, agar
semua warga dapat belajar mengikuti perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, untuk membangun masyarakat
berpengetahuan, diperlukan penerapan teknologi pendidikan
dalam kegiatan instruksionalnya.
Disisi lain, pengertian teknologi yang utama menurut
Miharso (2008) adalah proses yang dapat meningkatkan nilai
tambah. Proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu
produk tertentu. Produk yang digunakan dan atau dihasilkan
tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu
menjadi bagian integral dari suatu sistem.
Di sisi lain, menurut Pribadi (2010), dalam definisi baru
tentang teknologi pendidikan, mencakup beberapa kata
penting yang dapat membedakannya dengan konsep teknologi
pendidikan sebelumnya. Kata-kata penting yang perlu
dicermati antara lain: study, ethical, practice, facilitate,
learning, improvement, performance, creating, managing,
appropriate, technology, process, and resources.
PROFIL GURU MASA DEPAN