Page 39 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 39
23
Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
Pada tahun 1970, Komisi “the Assosiation for
Educational Communication and Technology (AECT)”
istilah Teknologi Pendidikan (Educational Technology)
berubah menjadi Teknologi Instruksional (Instructional
Technology). Pada tahun 1977 berubah kembali menjadi
Teknologi Pendidikan, dan kemudian pada tahun 1994
berubah kembali menjadi Teknologi Instruksional.
Selanjutnya, pada tahun 2008, komisi Teknologi
Instruksional kembali lagi menggunakan istilah Teknologi
Pendidikan.
Perubahan-perubahan istilah yang bergantian antara
teknologi instruksional dengan teknologi pendidikan
berlandaskan pemikiran yang dinamis dan mengikuti
perkembangan zaman. disamping itu, komisi ini
mempunyai alasan, bahwa teknologi pendidikan ruang
lingkupnya terlalu luas, sementara teknologi instruksional
ruang lingkupnya menjadi sempit, khusus hanya teknologi
instruksional saja, artinya terbatas pada kegiatan
instruksional mengajar saja. sampai dengan saat ini,
penggunaan dua istilah ini masih sama-sama digunakan,
kadang saling disesuaikan dengan materi yang dibahas.
Perbedaan penggunaan istilah ini, masih sering
diperdebatkan oleh para Ahli Teknologi Pendidikan,
terutama sebagai sebuah pengetahuan sejauh mana batas
fokus pengkajian teknologi pendidikan dan batas fokus
pengkajian teknologi instruksional. Konsep dasar tulisan
dalam buku ini, menggunakan istilah teknologi pendidikan
dan teknologi instruksional saling bergantian sesuai
dengan kondisi dan kepentingan.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN