Page 39 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 39

23
                                         Konsep Dasar Teknologi Pendidikan

                     Pada tahun 1970, Komisi “the Assosiation for
               Educational  Communication  and  Technology  (AECT)”
               istilah  Teknologi  Pendidikan  (Educational  Technology)
               berubah  menjadi  Teknologi  Instruksional  (Instructional
               Technology).  Pada  tahun  1977  berubah  kembali  menjadi
               Teknologi  Pendidikan,  dan  kemudian  pada  tahun  1994
               berubah  kembali  menjadi  Teknologi  Instruksional.
               Selanjutnya,  pada  tahun  2008,  komisi  Teknologi
               Instruksional kembali lagi menggunakan istilah Teknologi
               Pendidikan.


                       Perubahan-perubahan istilah yang bergantian antara
               teknologi  instruksional  dengan  teknologi  pendidikan
               berlandaskan  pemikiran  yang  dinamis  dan  mengikuti
               perkembangan  zaman.  disamping  itu,    komisi  ini
               mempunyai  alasan,  bahwa    teknologi    pendidikan    ruang
               lingkupnya terlalu luas, sementara teknologi instruksional
               ruang lingkupnya menjadi sempit, khusus hanya teknologi
               instruksional  saja,  artinya  terbatas  pada  kegiatan
               instruksional    mengajar    saja.    sampai    dengan  saat  ini,
               penggunaan  dua  istilah  ini  masih  sama-sama  digunakan,
               kadang  saling  disesuaikan  dengan  materi  yang  dibahas.
               Perbedaan     penggunaan     istilah   ini,   masih   sering

               diperdebatkan  oleh  para  Ahli  Teknologi  Pendidikan,
               terutama  sebagai  sebuah  pengetahuan  sejauh  mana  batas
               fokus  pengkajian  teknologi  pendidikan  dan  batas  fokus
               pengkajian  teknologi  instruksional.  Konsep  dasar  tulisan
               dalam buku ini, menggunakan istilah teknologi pendidikan
               dan teknologi instruksional saling bergantian sesuai
               dengan kondisi dan kepentingan.


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44