Page 35 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 35
19
Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
dan mencari solusinya. Di sisi lain teknologi pendidikan
selalu berupaya untuk mencari terobosan-terobosan baru
dan memfasilitasi bagaimana suatu kegiatan instruksional
dapat berlangsung dengan baik. Dengan demikian,
pemanfaatan teknologi pendidikan dalam kegiatan
instruksional memberikan pengaruh yang cukup berarti
dengan adanya perubahan dalam pendidikan, seperti model
instruksional, metode instruksional, strategi instruksional
dan media instruksional yang sesuai dengan perkembangan
dan kebutuhan zaman.
Menurut Suparman, dalam buku Teknologi
Pendidikan Dalam Pendidikan Jarak Jauh (2014) pada
dekade pertama tahun 1900 an kegiatan dalam bidang
teknologi pendidikan terbatas pada pembuatan media visual
dan kemudian audio visual. Arah kegiatan tersebut
menciptakan variasi dan memperkaya pengalaman belajar
peserta didik. Sepuluh tahun kemudian berkembang siaran
radio dan disusul 20 tahun kemudian dengan siaran televisi.
Kedua jenis siaran tersebut digunakan bukan terbatas pada
sekolah saja namun juga di luar sekolah dan di berbagai
jenis pendidikan formal dan non formal. Penggunaan media
pendidikan menjadi lebih luas.
Pada tahun 1960 mulai berkembang penggunaan
teaching machine yang berkembang sangat pesat dan
populer. Teaching machine adalah salah satu jenis program
insruksional berbasis Psychology Behaviorism. Program ini
memiliki karaktristik sebagai berikut : 1.Adanya
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN