Page 40 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 40
24 Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
Pada tahun 1970 Komisi Teknologi Instruksional ini
mengeluarkan dua definisi pada tahun yang sama. Definisi
pertama mengatakan, “In its more familiar sense, it
(instructional technology) means the media born of the
communication revolution which can be use for instruction
purposes along side the teacher, textbook, and blackboard,
the pieces that make up instructional technology (included):
television, films, overhead projectors, computers, and other
items of “hardware“ and “software”. Commission of
instructional technology (1970)”. Definisi tersebut dalam
arti yang lebih akrab, teknologi instruksional berarti media
yang lahir dari revolusi komunikasi yang dapat digunakan
untuk tujuan pengajaran bersama guru, buku teks, dan
papan tulis, potongan-potongan yang membentuk teknologi
pembelajaran (termasuk), televisi, film, proyektor
overhead, komputer, dan item ‘perangkat keras’ dan
‘perangkat lunak’ lainnya.
Sementara, definisi kedua yang diterbitkan oleh
Komisi Teknologi Instruksional pada tahun yang sama
tahun 1970, memberikan pemahaman yang lebih luas yang
mengemukakan bahwa teknologi instruksional adalah, It is
a systematic way of designing, carrying out, and evaluating
the whole process of learning and teaching in terms specific
on objective, based on research on human learning and
communication, and employing a combination of human
and non-human resources to bring about more effective
instruction. Definisi ini dapat diartikan sebagai cara
sistematis untuk merancang, melaksanakan, dan
PROFIL GURU MASA DEPAN