Page 42 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 42
26 Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
dan memperbaiki kinerja melalui penciptaan, penggunaan,
pengelolaan proses, teknologis, dan sumberdaya yang tepat
guna.
Pada tahun 1994, Komisi AECT kembali lagi
menggunakan istilah teknologi instruksional. Komisi ini
sepakat, memberi definisi studi dan praktik instruksional
dalam lima kawasan. Menurut, Seels dan Richey (1994),
dalam buku Instructional Technology: The Definitions and
Domains of the Field, mengemukakan bahwa definisi
teknologi instruksional (1994) mengandung lima domain
atau bidang garapan teknologi instruksional yang mencakup
aktivitas teori dan praktis seperti: desain (design),
pengembangan (development), pemanfaatan (utilization),
pengelolaan (management), dan evaluasi (evaluation).
Menurut, The Association of Educational
Communications and Technology, (AECT, 2008),
“Education technology is the study and ethical practice of
facilitating learning and improving performance by,
creating, using, and managing appropriate technological
processes and resources”. (Januszwski & Molenda, 2008).
Artinya, teknologi pendidikan dapat didefinisikan sebagai
sebuah studi dan praktik etis untuk memfasilitasi
berlangsungnya kegiatan instruksional dan memperbaiki
kinerja melalui penciptaan, penggunaan, pengelolaan
proses, teknologis, dan sumberdaya yang tepat guna.
Jika digambarkan, secara visual kelima bidang
PROFIL GURU MASA DEPAN