Page 42 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 42

26       Konsep Dasar Teknologi Pendidikan

           dan memperbaiki kinerja melalui penciptaan, penggunaan,
           pengelolaan proses, teknologis, dan sumberdaya yang tepat
           guna.


                 Pada  tahun  1994,  Komisi  AECT  kembali  lagi
           menggunakan  istilah  teknologi  instruksional.  Komisi  ini
           sepakat,  memberi  definisi  studi  dan  praktik  instruksional
           dalam  lima  kawasan.  Menurut,  Seels  dan  Richey  (1994),

           dalam buku Instructional Technology: The Definitions  and
           Domains  of  the    Field,    mengemukakan    bahwa  definisi
           teknologi  instruksional  (1994)  mengandung lima domain
           atau bidang garapan teknologi instruksional yang mencakup

           aktivitas  teori  dan  praktis  seperti:  desain  (design),
           pengembangan  (development),  pemanfaatan  (utilization),
           pengelolaan (management), dan evaluasi (evaluation).

                    Menurut,  The      Association  of  Educational

           Communications      and    Technology,     (AECT,    2008),
           “Education technology is the study and ethical practice    of
           facilitating  learning  and  improving  performance  by,
           creating,  using,  and  managing  appropriate  technological
           processes and resources”. (Januszwski &  Molenda,  2008).

           Artinya, teknologi pendidikan dapat didefinisikan sebagai
           sebuah  studi  dan  praktik  etis  untuk  memfasilitasi
           berlangsungnya  kegiatan  instruksional  dan  memperbaiki

           kinerja  melalui  penciptaan,  penggunaan,  pengelolaan
           proses, teknologis, dan sumberdaya yang tepat  guna.

                 Jika digambarkan, secara visual kelima  bidang



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47