Page 41 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 41
25
Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
mengevaluasi seluruh kegiatan instruksional dan mengajar
dalam hal yang spesifik pada tujuan, berdasarkan penelitian
tentang pembelajaran dan komunikasi manusia, dan
menggunakan kombinasi sumber daya manusia dan non-
manusia untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif.
AECT pada tahun 1977-an, masih menggunakan
istilah teknologi pendidikan memasuki era baru yang
mempengaruhi definisi teknologi pendidikan. Komisi
AECT mendefinisikan, teknologi pendidikan, sbb,
Educational technology is a complex, integrated process
involving people, procedures, ideas, devices, and
organization, for analyzing problems and devising,
implementing, evaluation, and managing solutions to those
problems, involved in all aspects of human learning.
Artinya, teknologipendidikanadalahprosesyangkompleks
dan terintegrasi yang melibatkan orang, prosedur, ide,
perangkat, dan organisasi, untuk menganalisis masalah dan
menyusun, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan
mengelola solusi untuk masalah-masalah tersebut, yang
terlibat dalam semua aspek pembelajaran manusia
Menurut, The Association of Educational
Communications and Technology, (AECT,1994)
“Education technology is the study and ethical practice of
facilitating learning and improving performance by,
creating, using, and managing appropriate technological
processes and resources“. Artinya, teknologi pendidikan
dapat didefinisikan sebagai sebuah studi dan praktik etis
untuk memfasilitasi berlangsungnya kegiatan instruksional
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN