Page 36 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 36

20       Konsep Dasar Teknologi Pendidikan

           rumusan  tujuan instruksional yang  operasional,  2.Adanya
           hasil belajar yang dapat diukur, 3.Adanya prosedur kegiatan
           instruksional  yang  mengarah  pada  pencapaian  tujuan

           instruksional.

                 Selanjutnya,  pada  akhir  tahun  1960,  terjadi
           perkembangan yang  sangat  maju,  karena  lahirnya konsep
           baru  tentang  desain    sistem  instruksional    (design  of

           instructional  systems).  Konsep  desain  ini  dirancang
           berbasiskan  banyak  teori-teori  instruksional,  seperti,
           psikologi kognitivisme, konstruktivisme, dan komunikasi,
           serta  system  thinking.  Desain  instruksional  yang  sangat

           berpengaruh  pada  saat  itu  di  indonesia,  adalah  model
           instructional system yang dirancang oleh, Bela H. Banathy
           pada tahun 1968. Di Indonesia, konsep desain instruksional
           ini, dijadikan dasar untuk mengembangkan  kurikulum  SD

           sampai  SMA  yang  sering  kita  dengar  dengan  nama,
           Kurikulum 1975. Kurikulum ini digunakan sampai  dengan
           lahirnya  Kurikulum  baru  1994.  Konsep  dasar  desain
           instruksional  ini,  secara  sederhana  mengatakan,  bahwa

           perlunya    membuat      desain    instruksional   sebelum
           melaksanakan  kegiatan  instruksional  yang  sebenarnya.
           Adapun produk dari desain  tersebut  adalah,  ”Garis- Garis
           Besar  Program  Instruksional”  (GBPP)  yang  belum
           berkembang  menjadi  Strategi  Instruksional,  dan  baru

           digunakan menjadi ”Satuan Acara Instruksional” atau lebih
           dikenal dengan nama SAP.

                 Selanjutnya, didasarkan pada konsep dasar design


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41