Page 36 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 36
20 Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
rumusan tujuan instruksional yang operasional, 2.Adanya
hasil belajar yang dapat diukur, 3.Adanya prosedur kegiatan
instruksional yang mengarah pada pencapaian tujuan
instruksional.
Selanjutnya, pada akhir tahun 1960, terjadi
perkembangan yang sangat maju, karena lahirnya konsep
baru tentang desain sistem instruksional (design of
instructional systems). Konsep desain ini dirancang
berbasiskan banyak teori-teori instruksional, seperti,
psikologi kognitivisme, konstruktivisme, dan komunikasi,
serta system thinking. Desain instruksional yang sangat
berpengaruh pada saat itu di indonesia, adalah model
instructional system yang dirancang oleh, Bela H. Banathy
pada tahun 1968. Di Indonesia, konsep desain instruksional
ini, dijadikan dasar untuk mengembangkan kurikulum SD
sampai SMA yang sering kita dengar dengan nama,
Kurikulum 1975. Kurikulum ini digunakan sampai dengan
lahirnya Kurikulum baru 1994. Konsep dasar desain
instruksional ini, secara sederhana mengatakan, bahwa
perlunya membuat desain instruksional sebelum
melaksanakan kegiatan instruksional yang sebenarnya.
Adapun produk dari desain tersebut adalah, ”Garis- Garis
Besar Program Instruksional” (GBPP) yang belum
berkembang menjadi Strategi Instruksional, dan baru
digunakan menjadi ”Satuan Acara Instruksional” atau lebih
dikenal dengan nama SAP.
Selanjutnya, didasarkan pada konsep dasar design
PROFIL GURU MASA DEPAN