Page 38 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 38
22 Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
isi materi pelajaran, agar peserta didik lebih mudah dan
cepat mengerti tentang materi pelajaran yang disajikan.
Pada tahun 1963, lahirlah suatu organisasi dalam bidang
teknologi pendidikan yang sepakat bahwa penggunaan
media instruksional bukan hanya sebagai hardware saja,
tetapi lebih dari itu. Isi program tentang materi pelajaran
harus didesain secara khusus sesuai dengan tujuannya.
Kesepakatan organisasi ini diperkuat oleh suatu komisi
yang dibentuk oleh departemen audio visual (Departement
of Audiovisual Instruction) yang dibentuk oleh pemerintah
Amerika Serikat. Sejak adanya kesepakatan antara
organisasi teknologi pendidikan dan komisi audio visual
inilah lahir secara resmi definisi pertama tentang teknologi
pendidikan. Komisi yang sampai sekarang dikenal dengan
nama: the Assosiation for Educational Communication and
Technology (AECT). Organisasi Profesi Teknologi
Pendidikan tersebut menyampaikan pandangan bahwa
bidang teknologi pendidikan tersebut, memiliki beberapa
hal penting yaitu :
Pertama, fokus definisi teknologi instruksional pada
desain dan penggunaan pesan untuk mempengaruhi
kegiatan instruksional. Kedua, isi desain berkaitan dengan
perencanaan, produksi, pemilihan, dan manajemen. Ketiga,
lebih menekankan kepada peristiwa belajar (learning).
Masa ini dikenal dengan nama ”audio visual aids” Karena
para ahli berpendapat, bagaimana pengembangan audio
visual ini, dapat membantu dan berfungsi efektif untuk
menimbulkan peristiwa belajar.
PROFIL GURU MASA DEPAN