Page 37 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 37
21
Konsep Dasar Teknologi Pendidikan
instructional menurut Bela H. Banathy tersebut, terjadi
perkembangan model baru yang dirancang lebih maju dan
digunakanhampir seluruh dunia. Model designinstructional
ini dipelopori oleh Dick and Carey. Disamping itu, model
ini dapat digunakan untuk kegiatan instruksional tatap muka
dan kegiatan instruksional Pendidikan Tinggi dan Jarak
Jauh. Model ini juga diadaptasi untuk Penelitian dan
Pengembangan (R&D) oleh Gall, Gall, and Borg (2007).
Sementara itu, pada tahun 1990-an kegiatan instruksional
interaktif berkembang dengan menggunakan media
instruksional seperti komputer, dengan jaringan komunikasi
World Wide Web (WWW). Sejak saat itu, sampai dengan
saat ini, mulailah penggunaan sumber belajar yang
bersumber dari internet berkembang dengan pesat.
Perkembangan tersebut diikuti dengan perkembangan
penggunaan media untuk instruksional. Bahkan sebahagian
orang dan para praktisi pendidikan mempersamakan antara
istilah media instruksional dengan istilah teknologi
instruksional.
Selanjutnya akandijelaskan,tentangkonsepteknologi
pendidikan dimulai dari tahun 1960 sampai dengan tahun
1977-an. Berawal dari definisi yang paling tua menurut Ely
(1963), yang menyatakan bahwa ”the design and use of
messages which control the learning process“ artinya,
teknologi pendidikan dipandang sebagai perancangan atau
desain dan penggunaan pesan yang mengendalikan kegiatan
instruksional. Pada saat itu, para praktisi teknologi
pendidikan memfokuskan diri bagaimana mendesain
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN