Page 37 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 37

21
                            Konsep Dasar Teknologi Pendidikan

               instructional menurut Bela H. Banathy tersebut, terjadi
               perkembangan model baru yang dirancang lebih maju dan
               digunakanhampir seluruh dunia. Model designinstructional

               ini dipelopori oleh Dick and Carey. Disamping itu, model
               ini dapat digunakan untuk kegiatan instruksional tatap muka
               dan  kegiatan  instruksional  Pendidikan  Tinggi  dan  Jarak
               Jauh.  Model  ini  juga  diadaptasi    untuk    Penelitian  dan

               Pengembangan  (R&D)  oleh  Gall,  Gall,  and  Borg  (2007).
               Sementara itu, pada tahun 1990-an kegiatan instruksional
               interaktif  berkembang  dengan  menggunakan  media
               instruksional seperti komputer, dengan jaringan komunikasi

               World Wide Web (WWW). Sejak saat itu, sampai dengan
               saat  ini,  mulailah  penggunaan  sumber  belajar  yang
               bersumber    dari    internet    berkembang  dengan  pesat.
               Perkembangan  tersebut  diikuti  dengan  perkembangan

               penggunaan media untuk instruksional. Bahkan sebahagian
               orang dan para praktisi pendidikan mempersamakan antara
               istilah  media  instruksional  dengan  istilah  teknologi
               instruksional.


                     Selanjutnya  akandijelaskan,tentangkonsepteknologi
               pendidikan dimulai dari tahun 1960 sampai dengan tahun
               1977-an. Berawal dari definisi yang paling tua menurut Ely
               (1963),  yang  menyatakan  bahwa  ”the  design  and  use  of
               messages  which  control  the  learning  process“  artinya,

               teknologi pendidikan dipandang  sebagai  perancangan atau
               desain dan penggunaan pesan yang mengendalikan kegiatan
               instruksional.  Pada  saat  itu,  para  praktisi  teknologi

               pendidikan memfokuskan diri bagaimana  mendesain
                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42